Kabar Gembira, Kondisi Nadia Harimau yang Terinfeksi Virus Corona Membaik

Anton Suhartono ยท Selasa, 07 April 2020 - 20:33 WIB
Kabar Gembira, Kondisi Nadia Harimau yang Terinfeksi Virus Corona Membaik

Nadia, harimau malaya yang positif virus corona (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Kondisi Nadia, harimau malaya berusia 4 tahun penghuni Kebun Binatang Bronx, New York, Amerika Serikat, yang terinfeksi virus corona membaik.

Dia bersama enam kucing besar lain yang mengalami gejala Covid-19 sudah membaik setelah mendapat perawatan dari tim dokter hewan. Mereka mengalami gejala batuk kering.

Enam hewan lainnya, tiga harimau dan tiga singa, bisa saja terinfeksi virus corona, namun petugas kebun binatang enggan membius mereka sehingga bisa menjalani tes dengan alasan tidak tega.

"Kasih sayang yang penuh dari para penjaga dan pemberian obat anti-inflamasi membuat kondisi mereka membaik," kata kepala dokter hewan Wildlife Conservation Society Kebun Binatang Bronx, Paul Calle, dikutip dari Reuters, Selasa (7/4/2020).

Nadia dan enam hewan lainnya diberi antibiotik dan diharapkan bisa segera pulih.

Kepastian Nadia positif Covid-19 diketahui dari hasil pemeriksaan swab hidung, tenggorokan serta cairan saluran udara dari paru-paru yang dilakukan sekolah kedokteran hewan Cornell University dan University of Illinois.

"Ini bukan kompetisi antara pengujian manusia dan hewan," kata Calle.

Pejabat kebun binatang meyakini ini merupaka kasus unik sebab terpapar oleh pegawai kebun binatang yang tak mengalami gejala. Calle tak bisa memastikan siapa petugas yang menularkan corona ke harimau betina tersebut.

Editor : Anton Suhartono