Kamala Harris Sebut AS di bawah Donald Trump Kalah Perang Dagang dari China

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 08 Oktober 2020 - 12:16 WIB
Kamala Harris Sebut AS di bawah Donald Trump Kalah Perang Dagang dari China

Calon Wakil Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Kamala Harris. (foto: AFP)

UTAH, iNews.id - Calon Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Kamala Harris, menyerang pemerintahan Donald Trump dalam debat Cawapres AS 2020. Harris menyebut Trump berbohong soal perang dagang dengan China.

Debat cawapres AS pertama berlangsung di University of Utah di Salt Lake City, Utah, AS, Kamis (8/10/2020) pagi WIB. Dalam kesempatan menyampaikan gagasan politiknya, Harris melontarkan pernyataan pedas mengenai pemerintahan Trump yang terus-terusan membanggakan perang dagang dengan China.

Menurut Harris, Trump berupaya mencitrakan pemerintahannya mampu mengendalikan China dalam perang dagang. Padahal situasinya berbanding terbalik.

Harris memaparkan data lebih dari 300.000 ribu orang kehilangan pekerjaan di sektor manufaktur. Tak hanya itu, politikus 55 tahun juga menyebut AS mengalami kerugian ratusan ribu dolar AS akibat perang dagang. Konsekuensinya, warga AS harus membayar lebih mahal untuk barang-barang impor.

"Wakil Presiden (Mike Pence) tadi menyebut bahwa dia berpikir perang dagang dengan China adalah sebuah pencapaian. Kalian kalah dalam perang dagang itu. Apa yang terjadi adalah 300.00 masyarakat AS kehilangan pekerjaan manufaktur," kata Harris dikutip dari CNN.

Mike Pence membalas klaim Harris dengan menyebutnya ikut mendukung Partai Komunis China (CPC) seperti yang dilakukan capres Joe Biden.

"Joe Biden telah menjadi pendukung Partai Komunis China selama beberapa dekade terakhir. Senator Harris, Anda berhak dengan pendapat Anda tetapi tidak berhak dengan fakta tersebut.

Editor : Arif Budiwinarto