Kapal Perusak AS Bikin China Marah Lagi, Disebut Langgar Hukum dan Rusak Perdamaian LCS

Ahmad Islamy Jamil · Rabu, 13 Juli 2022 - 12:16:00 WIB
Kapal Perusak AS Bikin China Marah Lagi, Disebut Langgar Hukum dan Rusak Perdamaian LCS
Kapal perusak rudal berpemandu milik AS, USS Benfold. (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id – Ulah kapal perusak AS kembali membuat China marah. Pada Rabu (13/7/2022) ini, Beijing menyatakan militernya memantau dan mengusir sebuah kapal perang AS yang memasuki Laut China Selatan (LCS).

Kapal itu diketahui berlayar di dekat Kepulauan Paracel yang disengketakan. Militer China menegaskan, tindakan kapal perusak AS itu secara serius melanggar kedaulatan dan keamanan negeri tirai bambu.

“Pada 13 Juli, kapal perusak rudal berpemandu AS ‘Benfold’ secara ilegal masuk ke perairan teritorial Paracel milik China tanpa persetujuan dari Pemerintah China,” ungkap Juru Bicara Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat China, Kolonel Tian Junli, seperti dikutip Reuters, hari ini.

Menurut dia, langkah militer AS itu sangat merusak perdamaian dan stabilitas LCS. “Juga secara serius melanggar hukum internasional dan norma-norma hubungan internasional,” kata Tian.

Ini bukan kali pertama Amerika Serikat membuat marah China di LCS. Sebelumnya, kapal perang AS sudah berulang kali berlayar di perairan tersebut. AS selalu menolak klaim China atas sebagian besar LCS. 

China telah mendirikan sejumlah pos militer di pulau-pulau buatan di LCS. Laut itu menjadi jalur pelayaran vital sejak lama. Kini, LCS diperebutkan Beijing dan negara-negara lainnya lantaran wilayah perairan itu mengandung ladang gas dan menjadi tempat penangkapan ikan yang kaya. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda