Kapal Selam Diyakini Milik China Terdeteksi di Dekat Perairan Teritorial Jepang, Mau Apa?

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 12 September 2021 - 14:14:00 WIB
Kapal Selam Diyakini Milik China Terdeteksi di Dekat Perairan Teritorial Jepang, Mau Apa?
Ilustrasi kapal selam. (Foto: ANTARA)

TOKYO, iNews.id – Sebuah kapal selam yang diyakini milik China terdeteksi berada di perairan dekat pulau-pulau selatan Jepang, pekan ini. Insiden itu terjadi di tengah ketegangan maritim yang terus berlanjut di kawasan Pasifik.

Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (atau disebut juga Angkatan Laut Jepang—red) pada Jumat (10/9/2021) pagi mengidentifikasi kapal selam itu di luar perairan teritorial dekat Pulau Amami Oshima. Pulau itu adalah bagian dari Prefektur Kagoshima.

“Sebuah kapal perusak China juga terlihat di sekitarnya,” ungkap Kementerian Pertahanan Jepang, dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters, Minggu (12/9/2021).

Menurut Kemhan Jepang, kapal selam yang diyakini milik China itu terus berada di bawah air ke arah barat di laut dekat Pulau Yokoate. 

Menteri Pertahanan Nobuo Kishi pun telah menginstruksikan para stafnya untuk mengumpulkan informasi terkait kehadiran kapal-kapal China itu. “Serta menjaga pengawasan dan kewaspadaan dengan rasa urgensi,” kata pernyataan itu.

Sampai berita ini muncul, para pejabat Kedutaan Besar China di Jepang belum dapat dihubungi untuk memberikan komentar kepada media.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: