Kapal Tanker Diserang, Israel Klaim Sanggup Hadapi Iran Sendiri

Anton Suhartono ยท Selasa, 03 Agustus 2021 - 20:48:00 WIB
Kapal Tanker Diserang, Israel Klaim Sanggup Hadapi Iran Sendiri
Naftali Bennett (Foto: Reuters)

TEL AVIV, iNews.id - Israel mengklaim sanggup merespons Iran sendirian terkait serangan terhadap kapal tanker Mercer Street di lepas pantai Oman pada Kamis pekan lalu. Negara itu juga menggalang aksi global terhadap Iran atas serangan tersebut.

Iran sudah membantah terlibat dalam serangan kapal tanker yang menewaskan dua kru, yakni asal Inggris dan Rumania, dengan menyebutnya tak berdasar.

Amerika Serikat dan Inggris juga menyalahkan Iran, menyebut serangan kemungkinan dilakukan menggunakan drone. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memperkirakan akan ada respons bersama atas serangan. Sementara itu Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyebut serangan terhadap kapal komersial itu menyakitkan.

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan, Israel telah berbagi informasi intelijen dengan AS, Inggris, dan lain yang memastikan Iran terlibat dalam serangan itu.

"Kami berupaya menggalang dunia, tapi pada saat yang sama kami juga bisa bertindak sendiri," kata Bennett, dikutip dari Reuters, Selasa (3/8/2021).

"Iran sudah tahu harga yang harus dibayar ketika ada yang mengancam keamanan kami. Iran perlu tahu, mereka tidak mungkin bisa duduk tenang di Teheran dan menyalakan seluruh Timur Tengah. Ini sudah berakhir," ujarnya, menambahkan.

Sebelumnya Iran mempertegas ancaman terhadap pihak yang menuduhnya terlibat dengan mengatakan segera merespons setiap ancaman terhadap keamanan negara.

Ini bukan ketegangan pertama antara Iran dan Israel soal serangan terhadap kapal komersial. Mereka saling tuduh terkait beberapa serangan di perairan Teluk beberapa bulan terakhir, namun insiden terbaru merupakan yang terbesar dan memakan korban jiwa.

Editor : Anton Suhartono