Kawal Demo Black Lives Matter, Tentara Garda Nasional di Washington DC Positif Covid-19

Arif Budiwinarto ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 06:45:00 WIB
Kawal Demo Black Lives Matter,  Tentara Garda Nasional di Washington DC Positif Covid-19
Garda Nasional mengamankan Washington DC saat aksi demonstrasi Black Lives Matter (foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Pasukan Garda Nasional di Washington DC dikabarkan terinfeksi Covid-19 selama menjalankan tugas mengamankan demonstrasi antirasial.

Dilansir dari AFP, Rabu (10/6/2020), sebanyak 1.700 personel Garda Nasional dikerahkan di kota Washington DC guna membantu kepolisian setempat mengamankan kawasan Gedung Putih.

Juru Bicara Garda Nasional Washington DC, Letnan Kolonel Brooke Davis, mengatakan sebelum bertugas para tentara tersebut terlebih dulu melakukan tes Covid-19.

Namun, dalam bertugas para tentara itu tidak semua mengenakan masker wajah serta sulit menjaga jarak dari para demonstran. Hal inilah yang diklaim menjadi penyebab penularan Covid-19 di kalangan tentara.

Garda Nasional masih merahasiakan jumlah tentara yang positif Covid-19 selama bertugas mengendalikan situasi di Washington DC. Namun, melihat masifnya demonstrasi di ibu kota Amerika Serikat diprediksi akan muncul cluster baru.

Sejak munculnya demonstrasi Black Lives Matter dipicu kematian warga kulit hitam, George Floyd, pada 25 Mei lalu sejumlah pengamat kesehatan mengkhawatirkan peningkatan angka positif Covid-19 di sejumlah negara bagian yang jadi lokasi demonstrasi.

Selama dua pekan terakhir demonstrasi menuntut keadilan bagi warga kulit hitam terjadi di lebih dari 30 kota di 17 negara bagian Amerika Serikat.

Amerika Serikat sampai saat ini tercatat sebagai negara dengan kasus positif Covid-19 terbanyak di dunia, lebih dari dua juta orang di negeri Paman Sam dinyatakan terinfeksi virus tersebut dengan angka kematian lebih dari 114 ribu orang.

Editor : Arif Budiwinarto