Kebakaran Terganas di California Selatan, Api Hanguskan 3.200 Hektare Lahan Termasuk Puluhan Rumah

Anton Suhartono · Minggu, 13 Oktober 2019 - 14:39:00 WIB
Kebakaran Terganas di California Selatan, Api Hanguskan 3.200 Hektare Lahan Termasuk Puluhan Rumah
Karhutla di California selatan menghanguskan lahan 3.200 hektare termasuk di California (Foto: AFP)

LOS ANGELES, iNews.id - Kebakaran hutan dan lahan yang menerjang California selatan sejak Kamis, berhasil dikuasai pada Sabtu (12/10/2019) waktu setempat.

Lebih dari 100.000 warga diminta meninggalkan rumah karena lokasi tempat tinggal mereka dilalui jalur api.

Otoritas pemadam kebakaran Los Angeles menyebut, api yang melalap hutan dan lahan di Lembah San Fernando, Los Angeles, merupakan yang terganas untuk wilayah California selatan. Hingga Sabtu, area yang terbakar mencapai 3.200 hektare sekitar 32 kilometer sebelah utara pusat Kota Los Angeles.

Namun kini warga sudah diperbolehkan pulanh ke rumah karena api berhasil diatasi. Ini tak lepas dari cuaca yang kebih dingin serta tiupan angin yang melemah.

“Kami siap dengan setiap gejolak yang terjadi,“ kata kapten pemadam kebakaran Los Angeles, Branden Silverman, dikutip dari AFP, Minggu (13/10/2019).

Dia menambahkan, sejauh ini korban tewas satu orang, itu pun bukan akibat langsung dari kebakaran. Korban merupakan pria 50 tahun yang meninggal akibat serangan jantung saat berusaha memadamkan api yang melalap rumahnya.

Akibat kebakaran ini, sebagian wilayah Los Angeles diselimuti asap, memicu keluarnya peringatan buruknya kualitas udara.

Kebakaran dimulai pada Kamis malam dan dengan cepat menyebar di luar kendali di Kota Sylmar. Apalagi kelembaban udara rendah dan embusan angin kencang yang biasa disebut dengan Santa Ana.

Sekitar 1.000 petugas pemadam kebakaran, yang didukung oleh helikopter dan pesawat pemadam kebakaran, menumpahkan air, memaksa ditutupnya beberapa jalan raya utama.

Kebakaran di Sylmar menghancurkan 76 rumah dan bangunan serta menewaskan seorang perempuan berusia 89 tahun yang tidak sempat menghindar dari kobaran api.

Kebakaran hutan di California selatan juga memicu pemadaman listrik bergilir yang berdampak pada sekitar 2 juta orang termasuk di California utara. Penghentian pasokan listrik dari fasilitas pembangkit listrik PG&E bertujuan mengurangi ancaman api yang dapat menyambar kabel-kabel dipicu oleh tiupan angin kencang.

Editor : Anton Suhartono