Kebocoran Pipa Gas Nord Stream Ada Lagi, Total Ada 4 Titik

Umaya Khusniah ยท Kamis, 29 September 2022 - 12:17:00 WIB
Kebocoran Pipa Gas Nord Stream Ada Lagi, Total Ada 4 Titik
Penjaga pantai Swedia menemukan kebocoran gas keempat pada jaringan pipa Nord Stream yang rusak. (Foto: Reuters)

STOCKHOLM, iNews.id - Penjaga pantai Swedia menemukan kebocoran gas keempat pada jaringan pipa Nord Stream yang rusak. Kerusakan ditemukan pada awal pekan ini.

Juru bicara penjaga pantai Jenny Larsson kepada surat kabar Svenska Dagbladet seperti dilansir dari Reuters pada Kamis (29/9/2022) mengatakan, dua dari empat kerusakan pipa berada di zona ekonomi eksklusif Swedia. Sementara dua lubang lainnya berada di zona ekonomi eksklusif Denmark.

Uni Eropa menduga sabotase berada di balik kebocoran gas pada pipa bawah laut Rusia ke Eropa. Mereka menjanjikan tanggapan "kuat" terhadap gangguan yang disengaja terhadap infrastruktur energinya.

Pada Selasa (27/9/2022) kemarin, Nord Stream AG selaku operator jaringan pipa gas Rusia itu, menyatakan bahwa tiga dari empat jalur pipa lepas pantainya mengalami kerusakan berbarengan dalam satu hari. Kerusakan semacam itu belum pernah terjadi sebelumnya.

Jaringan pipa Nord Stream yang mengalirkan gas dari Rusia ke Eropa, bocor. Beberapa kalangan menduga Rusia berada di balik kebocoran itu, namun dibantah oleh Moskow.

Nord Stream 1 telah melaporkan penurunan tekanan yang signifikan yang disebabkan oleh kebocoran gas di kedua jalur pipa gasnya. Sementara Nord Stream 2 menyatakan bahwa penurunan tekanan yang tajam terjadi pada jalur A pada Senin (26/9/2022) lalu.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda