Kemlu RI: 78 WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess Jepang dalam Kondisi Sehat

Nathania Riris Michico · Rabu, 12 Februari 2020 - 15:52 WIB
Kemlu RI: 78 WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess Jepang dalam Kondisi Sehat

Kapal pesiar Diamond Princess, dengan sekitar 3.600 orang dikarantina di dalamnya terkait virus Covid-19, terlihat berlabuh di Terminal Kapal Pesiar Daikaku Daikaku di Yokohama. (FOTO: Behrouz MEHRI / AFP)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dan KBRI Tokyo terus memantau kondisi 78 kru Warga Negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Kapal Pesiar Diamond Princess. Saat ini semuanya dalam keadaan sehat.

Otoritas Jepang diketahui mengarantina kapal pesiar Diamond Princess di Perairan Yokohama setelah ditemukan penumpang terinfeksi virus Covid-19 atau virus korona. Hingga kini, 174 orang dilaporkan positif virus itu di dalam kapal yang mengangkut 3.700 penumpang itu.

"Untuk menjaga komunikasi, KBRI Tokyo membentuk grup whatsapp dengan para kru WNI dan memberikan bantuan logistik berupa vitamin," demikian pernyataan Kemlu RI, seperti yang dilihat iNews.id dalam laman website-nya, Rabu (12/2/2020).

"Kemlu RI bekerja sama dengan Kemenhub telah memanggil dua perusahaan manning agency yang memberangkatkan para kru WNI untuk memastikan pelindungan bagi mereka," isi pernyataan itu.

Kemlu juga menyebut pihaknya sudah menghubungi keluarga para kru WNI untuk menginformasikan perkembangan terakhir.

​Sesuai informasi Otoritas Jepang, jika tidak ada perkembangan lain, dijadwalkan masa karantina akan selesai pada 19 Februari 2020 mendatang.

Sebelumnya, sebanyak 39 orang baru dinyatakan positif virus Covid-19 atas kapal pesiar Diamond Princess di Jepang. Pihak kapal telah menyediakan kebutuhan logistik, layanan telepon dan internet gratis untuk memudahkan awak dan penumpang berkomunikasi dengan keluarga.

Saat ini virus korona tipe baru itu sudah menewaskan lebih dari 1.100.

Penumpang dan kru saat ini sudah menjalani setengah masa karantina 14 hari yang akan berakhir pada 19 Februari.

Editor : Nathania Riris Michico