Kenalkan Tren Pakaian Bekas, Dua Lansia Jadi Selebgram Taiwan

Arif Budiwinarto ยท Sabtu, 01 Agustus 2020 - 14:44 WIB
Kenalkan Tren Pakaian Bekas, Dua Lansia Jadi Selebgram Taiwan

Dua pasangan lansia jadi selebgram kenalkan tren pakaian bekas (foto: AFP)

TAIWAN, iNews.id - Dua pasangan lansia di Taiwan jadi selebritas Instragam (selebgram) berkat keunikan fesyen mereka yang memanfaatkan pakaian bekas. Penggunaan pakaian bekas, kini mulai menjadi tren baru fesyen di Taiwan.

Chang Wan-ji (83) dan istrinya Hsu Sho-er (84) kini memiliki hampir 600.000 pengikut di media sosial Instagram sepanjang Juli lalu. Nama keduanya mulai dikenal luas sebagai selebgram setelah rajin mengunggah foto-foto fesyen dari pakaian bekas.

Ketenaran Chang dan Hsu di linimasa membuat dua majalah pop terkemuka dunia, Vogue dan Marie Claire, edisi Taiwan menampilkan foto kedua lansia itu sebagai tokoh inspiratif.

Dilansir dari AFP, Sabtu (1/8/2020) siang WIB, Chang dan Hsu bercerita awal mula mereka terinspirasi menggunakan pakaian bekas sebagai tren fesyen baru. Berawal dari usaha binatu yang sudah berjalan lebih dari satu dekade di kota kecil dekat pusat kota Taichung.

Pandemi Covid-19 menyebabkan usaha tersebut sepi pelanggan akibat dampak kebijakan lockdown guna mencegah penyebaran virus.

"Kakek dan nenek saya menatap kosong ke jalanan karena bisnisnya tidak berjalan baik," kata sang cucu Reef Chang (31) yang mengelola akun @wantshowasyoung.

"Saya ingin menemukan sesuatu yang baru yang bisa mereka nikmati," ujarnya.

Chang dan Hsu sering menemukan pelanggannya ada yang sengaja meninggalkan pakaian untuk dibuang. Dari sinilah muncul ide memanfaatkan pakaian tak terpakai itu untuk mengurangi kebosanan.

Siapa sangka keduanya semakin terkenal setelah foto-foto mengenakan paduan pakaian bekas dapat respons positif dari warganet.

"Berfoto bak model dengan pakaian seperti ini membuat saya lebih muda 30 tahun. Banyak orang memberit tahu saya 'kamu terkenal sekarang dan kamu terlihat lebih muda'," kata Chang.

"Usia saya sudah tua tetapi hati saya tidak menua. Saya suka memakai pakaian bagus dan pergi bersenang-senang," Hsu melanjutkan.

Editor : Arif Budiwinarto