Ketika Dubes Essam Bergurau soal Emansipasi di Saudi: Kini Laki-Laki malah Takut Tak Dapat Pekerjaan

Dominique Hilvy Febriani ยท Kamis, 16 September 2021 - 20:46:00 WIB
Ketika Dubes Essam Bergurau soal Emansipasi di Saudi: Kini Laki-Laki malah Takut Tak Dapat Pekerjaan
Essam bin Abed Al Thaqafi berkunjung ke MNC Center (Foto: Dominique Hilvy Febriani/MPI)

JAKARTA, iNews.id - Perempuan Arab Saudi kini bisa menikmati emansipasi dibandingkan masa-masa sebelumnya setelah pemerintah memberlakukan pelonggaran. Sebelum ini, ruang gerak kaum hawa dibatasi, seperti di bidang pekerjaan, olahraga, dan lainnya. 

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al Thaqafi mengatakan, perempuan Saudi bahkan sudah menduduki jabatan sebagai pemimpin di pemerintahan.

“Termasuk hasil dari pembaharuan Raja Salman, memberikan ruang kebebasan kepada perempuan Arab Saudi. Jadi sekarang itu bisa kita dapati beberapa yang jadi menteri, jadi anggota dewan, bahkan ada yang menjadi dubes dan sektor-sektor lainnya,” kata Essam, saat berkunjung ke Gedung MNC Center, Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Perempuan Saudi, lanjut dia, sejak beberapa tahun terakhir juga sudah diperbolehkan menyetir kendaraan sendiri. Bidang lain yang bisa dilakoni perempuan adalah menjadi pengusaha dan pekerja di beberapa sektor.

Essam melanjutkan, Saudi lebih terbuka dengan mengubah kebijakan secara drastis guna mereformasi dan modernisasi untuk menggeser perekonomian negara di masa mendatang. Semua ini dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada kaum perempuan untuk mengaktualisasikan diri.

“Bisa dibilang masa depan di Arab Saudi lebih terbuka bagi perempuan itu sendiri dan akan menjadi peluang besar bagi perempuan untuk memajukan Arab Saudi. Sekarang kami, kaum laki-laki, malah takut enggak mendapat pekerjaan,” ujarnya, bergurau.

Salah satu jabatan tinggi pemerintahan yang diisi perempuan adalah menteri pendidikan.

“Perempuan yang menjadi menteri di menteri pendidikan,” tuturnya.

Selain itu ada pula perempuan yang menjadi duta besar seperti untuk Norwegia dan Swedia.

Salah satu dubes tersebut, lanjutnya, merupakan putri tokoh terkemuka Kerajaan Saudi.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: