Ketika Presiden Rusia Putin Ditanya soal Perempuan-Perempuan di Sekelilingnya

Anton Suhartono ยท Jumat, 20 Desember 2019 - 09:05 WIB
Ketika Presiden Rusia Putin Ditanya soal Perempuan-Perempuan di Sekelilingnya

Vladimir Putin (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id - Presiden Rusia Vladimir Putin dikejutkan dengan pertanyaan dari beberapa wartawan saat konferensi pers tahunan menandai akhir tahun 2019 di Moskow, Kamis (19/12/2019).

Seorang jurnalis bertanya mengenai keluarga sang presiden. Dia mempertanyakan mengenai aktivitas putri tertua mantan kepala intelijen Rusia itu, dari mulai kesibukannya di dunia tari hingga terkait dunia bisnis.

Laporan dari sumber Reuters menyebut, putri tertua Putin Katerina Tikhonova menggarap proyek-proyek yang didanai publik, meski kemudian sang sumber menarik pernyataannya.

Hal lain Tikhonova mengikuti ajang kompetisi dansa. Media lain juga mengidentifikasi putri sulung Putin sebagai Maria Vorontsova, dan sebelumnya bernama Maria Faassen. Berbeda dengan pertanyaan sang jurnalis, Maria diketahui menekuni dunia biomedik.

Kehidupan pribadi Putin masih menjadi tanda tanya besar dan tak banyak jurnalis yang mengonfirmasinya. Setidaknya sampai konferensi pers kemarin. Selain pertanyaan soal sosok Katerina Tikhonova, ada pula yang menanyakan soal hubungan Putin dengan Vorontsova dan Tikhonova, namun terkait bisnis yang mereka jalani.

Namun seperti gaya lamanya, dia tetap tak ingin mengungkap soal kehidupan pribadi dan keluarganya.

"Anda baru saja bertanya, terkait dengan bisnis. Anda menyebut seorang perempuan, Anda juga menyebut yang lain," kata Putin, dikutip dari Reuters, Jumat (20/12/2019).

"Anda baru saja menyatakan beberapa fakta. Itu tidak cukup. Gali sedikit lagi dan Anda akan memahami bisnis apa yang mereka miliki dan apakah mereka memiliki semuanya dan siapa yang memiliki apa dan siapa yang membantu siapa," kata Putin, tanpa menyebut nama perempuan yang disebutkan sang jurnalis.


Editor : Anton Suhartono