Khawatir Mutasi Covid-19 P1 Makin Ganas, Brasil Minta Perempuan Tunda Kehamilan

Djairan ยท Sabtu, 17 April 2021 - 06:50:00 WIB
Khawatir Mutasi Covid-19 P1 Makin Ganas, Brasil Minta Perempuan Tunda Kehamilan
Pemerintah Brasil mengimbau penduduknya menunda kehamilan karena khawatir mutasi covid-19 varian P1 makin mengganas. (Foto: Reuters)

BRASILIA, iNews.id - Otoritas Brasil, Jumat (17/4/2021) meminta penduduk perempuan untuk menunda kehamilan sampai gelombang terburuk pandemi covid-19 berlalu. Imbauan tersebut diberikan menyusul gelombang penularan mutasi covid-19 P1 yang kini menghancurkan negara Amerika Selatan.

Varian P1 itu diduga mempengaruhi ibu hamil dengan risiko lebih tinggi dari virus corona biasa.

"Jika memungkinkan, tunda kehamilan sampai waktu yang lebih baik. Pengalaman klinis para spesialis menunjukkan bahwa varian baru virus mematikan ini bekerja lebih agresif pada ibu hamil," kata pejabat Kementerian Kesehatan Brasil, Raphael Parente dalam konferensi pers, dikutip dari Reuters, Sabtu (17/4/2021).

Dia mengatakan, selain karena varian P1 Brasil yang lebih mudah menular, imbauan tersebut juga karena tekanan pada sistem kesehatan. Rumah sakit di sana sedang tertekan, di mana stok obat yang dibutuhkan untuk mengintubasi pasien yang sakit parah semakin menipis.

Brasil sendiri sudah berupaya untuk meminta bantuan persediaan darurat kepada mitra internasional. Parente mengatakan, sebelumnya kasus Covid-19 selama kehamilan difokuskan pada trimester akhir dan kelahiran. Namun belakangan ini ada kasus yang lebih serius pada trimester kedua dan kadang-kadang pertama.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2