Kim Jong Un Sebut Keberhasilan China Menangani Wabah Corona Sama seperti Korut

Anton Suhartono ยท Jumat, 08 Mei 2020 - 12:51 WIB
Kim Jong Un Sebut Keberhasilan China Menangani Wabah Corona Sama seperti Korut

Kim Jong Un (Foto: AFP)

SEOUL, iNews.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un memuji Presiden China Xi Jinping karena berhasil menangani wabah virus corona.

Pria yang sempat dirumorkan meninggal akibat serangan jantung itu mengirim surat diplomatik dan memberikan selamat kepada Xi atas keberhasilan China mengendalikan wabah.

Dalam surat tersebut, seperti dilaporkan KCNA dan dilaporkan kembali AFP, Jumat (8/5/2020), Kim mengatakan keberhasilan China sama dengan kesuksesan Korut dalam menangani wabah virus mematikan tersebut.

Tidak lupa Kim menyampaikan salam militan kepada semua anggota Partai Komunis China.

China merupakan sekutu dekat Korut, termasuk saat negara itu menghadapi sanksi dari Amerika Serikat terkat program nuklir. China tetap menjadi mitra perdagangan serta memberikan bantuan.

Kecam Latihan Perang Korsel

Di waktu tak jauh berbeda, Korut mengecam latihan perang darat-udara yang dilakukan Korea Selatan di Laut Kuning pekan ini.

Masih diberitakan KCNA, Korut menganggap latihan perang tersebut telah membuat situasi kedua negara kembali keperti sebelum pemulihan hubungan diplomatik pada 2018. Saat itu Kim Jong Un bertemu Presiden Korsel Moon Jae In di perbatasan kedua negara. Kedua pemimpin setelah itu menggelar dua kali pertemuan lagi.

"Semuanya sekarang kembali ke titik awal sebelum pertemuan puncak Korut-Korsel pada 2018," kata seorang juru bicara kementerian pertahanan.

Dia meegaskan, latihan perang ini menunjukkan musuh tetap musuh masih sampai kapan pun.

Editor : Anton Suhartono