Kim Jong Un Sebut Tak Akan Ada Lagi Perang, Senjata Nuklir Hanya untuk Bertahan

Anton Suhartono ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 06:24 WIB
Kim Jong Un Sebut Tak Akan Ada Lagi Perang, Senjata Nuklir Hanya untuk Bertahan

Kim Kong Un (Foto: KCNA via AFP)

SEOUL, iNews.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un memastikan tak akan ada lagi perang karena senjata nuklirnya hanya akan dipakai untuk menjamin keselamatan negara di masa depan.

Pesan yang dirilis Selasa (28/7/2020) itu disampaikan Kim menandai 67 tahun berakhirnya Perang Korea yang berlangsung dari tahun 1950 sampai 1953. Perang berakhir pada 27 Juli 1953 ditandai dengan kesepakatan gencatan senjata kedua negara.

Korut, kata Kim, mengembangkan senjata nuklir demi memenangkan kekuatan absolut untuk mencegah konflik bersenjata. Dia menegaskan senjata nuklir hanya untuk pertahanan.

"Sekarang kami mampu mempertahankan diri dalam menghadapi segala bentuk tekanan dengan intensitas tinggi serta ancaman militer dari pasukan imperialis dan musuh," katanya, dikutip dari KCNA.

"Berkat sistem pertahanan penangkal nuklir yang andal dan efektif, tidak akan ada lagi perang. Keselamatan dan masa depan negara kita akan dijamin selamanya," ujarnya, melanjutkan, seperti dilaporkan kembali Reuters.

Pernyataan tersebut disampaikan Kim di tengah macetnya pembicaraan denuklirisasi dengan Amerika Serikat.

Kim dan Presiden AS Donald Trump bertemu untuk pertama kalinya pada Juni 2018 di Singapura, menghasilkan komitmen bersama untuk melucuti senjata nuklir di Semenanjung Korea dengan imbalan penghapusan sanksi.

Setahun kemudian mereka bertemu kembali di Hanoi, Vietnam, serta perbatasan Korea, namun tak ada kesepakatan yang dihasilkan.

Editor : Anton Suhartono