Kisah Pilot Bertahan Hidup 38 Hari di Hutan Setelah Pesawatnya Jatuh dan Meledak

Anton Suhartono ยท Jumat, 09 April 2021 - 14:07:00 WIB
Kisah Pilot Bertahan Hidup 38 Hari di Hutan Setelah Pesawatnya Jatuh dan Meledak
Antonio Sena (Foto: AFP)

RIO DE JANEIRO, iNews.id - Banyak pengalaman menarik dialami pilot saat bertugas, termasuk yang satu ini. Dia bertahan hidup selama 38 hari di hutan setelah pesawat yang dibawanya jatuh dan meledak di hutan Amazon, Brasil, pada 28 Januari lalu.

Pria bernama Antonio Sena itu menerbangkan pesawat Cessna 210 saat mesinnya tiba-tiba mati. Dia punya waktu beberapa menit untuk mencari tempat yang tepat di belantara Amazon untuk mendaratkan pesawat, seperti penuturannya kepada AFP, dikutip Jumat (9/4/2021).

Pengalaman lama membawa pesawat membantu dia melakukan pendaratan darurat di pepohonan Amazon. Dia selamat tanpa mengalami luka, meskipun setelah itu pesawatnya meledak.

Pria 36 itu disewa untuk menerbangkan kargo dari Kota Alenquer ke pertambangan emas ilegal yang biasa disebut 'California'.

Mesin tiba-tiba mati saat pesawat berada di ketinggian sekitar 1.000 meter dan sejak itu Sena sadar tidak punya banyak waktu untuk berpikir bagaimana mendaratkan pesawat.

Dia berhasil membawa pesawat melewati lembah lalu mendarat dengan dampak kerusakan seminimal mungkin. Setelah pesawat berhenti, Sena turun dan masih sempat membawa barang-barang yang diperlukan untuk bertahan hidup di belantara, seperti air minum, sekarung roti, tali, senter, korek api, dan perlengkapan darurat, lainnya. Setelah itu pesawat meledak.

Lima hari setelah kecelakaan, Sena mendengar ada pesawat penyelamat yang hilir mudik di atas Amazon. Namun karena pepohonan begitu lebat, tim SAR tak bisa melihatnya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3