Klaim Menang di Pemilu, PM Netanyahu: Kemenangan Besar bagi Israel!

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 03 Maret 2020 - 09:14 WIB
Klaim Menang di Pemilu, PM Netanyahu: Kemenangan Besar bagi Israel!

PM Israel Benjamin Netanyahu dan istrinya Sara berpidato di hadapan para pendukung di markas kampanye partai Likud di Tel Aviv, 3 Maret 2020. (FOTO: GIL COHEN-MAGEN / AFP)

YERUSALEM, iNews.id - Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu mengklaim kemenangan dalam pemilihan umum (pemilu) Israel, Senin (2/3/2020). Kemenangan ini menempatkannya dalam posisi kuat untuk membentuk pemerintahan baru.

Ini merupakan pemilu ketiga Israel dalam waktu kurang dari satu tahun, dan sempat memicu negara Yahudi itu berada dalam kebuntuan politik.

Survei yang dilakukan oleh tiga jaringan Israel menyebut, partai Likud sayap kanan Netanyahu meraih 36 dan 37 kursi dari 120 anggota parlemen Israel. Hal ini akan menandai peningkatan besar dalam kinerjanya September mendatang.

Survei meramalkan, Partai Likud dan sekutunya memenangkan 59 kursi parlemen.

Suara ini juga akan menjadi hasil terbaik yang pernah ada di bawah kepemimpinan Netanyahu, yang pertama kali menjabat sebagai PM dari 1996 hingga 1999; dan masa jabatan saat ini yang dimulai pada 2009.

Penantang utama Likud, partai sentris Biru dan Putih yang dipimpin oleh mantan kepala militer Benny Gantz, diperkirakan meraih 32 atau 33 kursi.

Netanyahu mencuit terima kasih setelah penghitungan suara berlangsung.

"Ini kemenangan besar bagi Israel," katanya, seperti dilaporkan AFP, Selasa (3/3/2020).

Perkiraan itu memberi Likud dan sekutu sayap kanannya, termasuk partai ultra-Ortodoks, 60 kursi.

Partai Likud menyatakan Netanyahu sudah berbicara dengan semua kepala partai sayap kanan dan setuju membentuk pemerintah nasional yang kuat untuk Israel sesegera mungkin.

Netanyahu, PM terlama dalam sejarah Israel, secara resmi didakwa pada Januari atas kasus suap, penipuan, dan pelanggaran kepercayaan.

Editor : Nathania Riris Michico