Konflik Memanas Lagi, Kapal Penjaga Pantai China Dekati Kapal Nelayan Jepang

Ahmad Islamy Jamil ยท Selasa, 16 Februari 2021 - 15:41:00 WIB
Konflik Memanas Lagi, Kapal Penjaga Pantai China Dekati Kapal Nelayan Jepang
Kepulauan Senkaku yang diperebutkan China dan Jepang. (Foto: Reuters)

TOKYO, iNews.idJepang dan China kembali terlibat konflik di kawasan perairan yang diperebutkan kedua negara. Selama dua hari berturut-turut, sejumlah kapal Penjaga Pantai China mendekati kapal-kapal nelayan Jepang di dekat Kepulauan Senkaku yang disengketakan.

Insiden itu menjadi tanda meningkatnya ketegangan antara dua bangsa bertetangga itu. 

Bloomberg melansir, Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Katsunobu Kato, menilai tindakan kapal China itu tak dapat diterima. Pada konferensi pers yang digelar pada Selasa (16/2/2021) ini, dia mengatakan bahwa Jepang telah memprotes peristiwa di dekat pulau-pulau yang tidak berpenghuni itu.

Kapal-kapal Jepang dan China kerap saling kejar di sekitar Kepulauan Senkaku yang berada di Laut China Timur. Oleh Beijing, gugusan pulau itu dikenal dengan nama Kepulauan Diaoyu. Konflik antara kedua negara semakin intens sejak Pemerintah Jepang membeli tiga pulau di sana dari pihak swasta pada 2012.

Beberapa waktu lalu, Presiden AS Joe Biden sempat meyakinkan Perdana Menteri Yoshihide Suga bahwa Amerika akan mendukung komitmen perjanjian keamanannya untuk mempertahankan pulau-pulau yang dikendalikan oleh sekutunya, Jepang. Sikap AS itu pun menuai protes dari Beijing. 

China bulan lalu mengesahkan undang-undang yang mengizinkan aparat penjaga pantainya menembaki kapal asing dalam beberapa keadaan. UU itu lantas memicu kecaman dari Jepang. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2