Korea Utara Siap Luncurkan Kapal Selam Baru Pembawa 3 Rudal Balistik

Ahmad Islamy Jamil · Senin, 12 April 2021 - 12:58:00 WIB
Korea Utara Siap Luncurkan Kapal Selam Baru Pembawa 3 Rudal Balistik
Korea Utara memamerkan rudal raksasanya dalam parade militer pada Januari lalu. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id Korea Utara dilaporkan telah merampungkan pembangunan kapal selam baru. Kendaraan bawah laut itu diyakini mampu membawa setidaknya tiga rudal balistik

Korea Selatan dan AS yakin, Korea Utara telah menyelesaikan pembangunan (kapal selam) yang mereka ungkap pada 2019,” demikian kantor berita Yonhap melaporkan, mengutip secara anonim sejumlah pejabat Korsel yang mengetahui masalah tersebut.

Pada 2019, media milik Pemerintah Korut memang sempat merilis sebuah foto yang memperlihatkan Pemimpin Korut, Kim Jong Un, sedang memeriksa pembangunan kapal selam. “Korea Utara dapat menguji coba rudal balistik di kapal selam itu, setelah peluncurannya,” kata Yonhap dilansir kembali Korean Herald.

Kapal selam itu diyakini mengadopsi model kelas Romeo era Uni Soviet yang telah dimodifikasi. Kendaraan tersebut dibangun di Galangan Kapal Sinpo Selatan yang terletak pantai timur Korut. Kota pelabuhan Sinpo menjadi markas bagi armada kapal selam Korea Utara.

Menurut Yonhap, Korut juga membangun kapal selam yang lebih besar yang dapat membawa rudal balistik canggih, merujuk pada rudal Pukguksong-4 (yang terungkap pada 2020) dan Pukguksong-5 (yang terungkap pada tahun ini).

Sementara, rudal Pukguksong-3 telah diuji pada Oktober 2019.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2