Korut Tembakkan Rudal dari Kapal Selam, Korsel AS dan Jepang Langsung Gelar Latihan

Anton Suhartono ยท Jumat, 30 September 2022 - 14:12:00 WIB
Korut Tembakkan Rudal dari Kapal Selam, Korsel AS dan Jepang Langsung Gelar Latihan
Korsel, Jepang, dan AS menggelar latihan gabungan anti-kapal selam setelah Korut menguji coba rudal dari SLBM (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Angkatan Laut (AL) Korea Selatan (Korsel), Amerika Serikat, dan Jepang menggelar latihan gabungan anti-kapal selam, Jumat (30/9/2022). Latihan digelar setelah Korea Utara (Korut) menguji coba rudal balistik tiga dalam sepekan terakhir, yakni pada Minggu, Rabu, dan Kamis. Salah satu uji tersebut adalah menembakkan rudal balistik dari kapal selam.

Ini merupakan latihan gabungan anti-kapal selam pertama melibatkan tiga negara sejak 5 tahun terakhir. Latihan digelar di perairan internasional di lepas pantai timur Semenanjung Korea.

“Latihan tersebut dirancang untuk meningkatkan kemampuan dalam merespons meningkatnya ancaman kapal selam Korea Utara, termasuk rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM), saat Korut terus memberikan ancaman nuklir dan rudal secara konsisten melalui serangkaian uji coba rudal balistik,” bunyi pernyataan AL Korsel, dikutip dari Reuters.

Sementara itu AL AS menyatakan latihan juga bertujuan untuk meningkatkan interoperabilitas dan koordinasi taktis dan teknis ketiga negara.

Selain itu latihan gabungan ini diharapkan mempromosikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka di tengah ketegangan atas aktivitas China di Selat Taiwan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda