Kotanya Tak Masuk Google Maps, Lihat yang Dilakukan Fotografer Ini 

Umaya Khusniah · Minggu, 05 Desember 2021 - 13:58:00 WIB
Kotanya Tak Masuk Google Maps, Lihat yang Dilakukan Fotografer Ini 
Fotografer sekaligus ahli strategi digital asal Zimbabwe memetakan kota dan negaranya agar masuk Google Maps. (Foto: Reddit)

HARARE, iNews.id - Seorang fotografer sekaligus ahli strategi digital asal Zimbabwe memetakan kota dan negaranya agar masuk Google Maps. Dana yang digunakan untuk hal tersebut pun berasal dari kantong pribadi. 

Tawanda Kanhema nekat menempuh jarak 2.000 mil atau sekitar 3.218 km dalam kemitraan dengan Google dan Insta360. Dia melakukannya dengan berjalan kaki, naik perahu, mobil dan lewat udara.  

“Saya rasa, cukup mengejutkan banyak negara di kawasan ini tidak ada dalam peta. Kita harus berbuat lebih banyak untuk memastikan komunitas tersebut terwakili,” katanya kepada NPR. 

Aksi luar biasa ini bermula saat Kanhema berniat menunjukkan rumahnya di Harare, Zimbabwe kepada seorang teman melalui Google Maps Street View. Namun tak disangka, kota tempatnya tinggal tak terekam dalam Google Maps. 

Dia lantas memutuskan memulai perjalanan untuk mendokumentasikan kota juga negaranya pada 2019. Selama itu, dia menangkap Streetview sepanjang 500 mil di seluruh Zimbabwe.

Kanhema membawa kamera di punggungnya saat mendaki, bersepeda, dan mengendarai ATV. Dia juga menggunakan mobil, kapal, dan helikopter untuk menempuh berbagai medan. Dana yang dihabiskan sektar 5.000 dolar AS atau sekitar Rp72,6 juta.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: