Kuwait Lantik Emir Baru Syekh Nawaf, Gantikan Almarhum Syekh Sabah

Anton Suhartono ยท Rabu, 30 September 2020 - 15:15:00 WIB
Kuwait Lantik Emir Baru Syekh Nawaf, Gantikan Almarhum Syekh Sabah
Syekh Nawaf Al Ahmad Al Sabah (Foto: AFP)

KUWAIT CITY, iNews.id - Kuwait mengambil sumpah emir baru, Pangeran Syekh Nawaf Al Ahmad Al Sabah, Rabu (30/9/2020), menggantikan saudara tirinya, Syekh Sabah Al Ahmad Al Sabah, yang meninggal dunia di Amerika Serikat (AS), Selasa (29/9/2020).

Pelantikan digelar sebelum jenazah Syekh Sabah tiba di Kuwait City yakni pada Rabu (30/9/2020) malam waktu setempat.

Sosok diplomat dan mediator terkenal yang memerintah Kuwait selama 14 tahun itu meninggal dunia di Minnesota pada usia 91 tahun, di mana dia menjalani perawatan di rumah sakit sejak Juli lalu.

Pengadilan Kerajaan Kuwait menyatakan, upacara pemakaman akan dibatasi yakni hanya dihadiri kerabat emir, sebagai upaya untuk menghindari kerumunan besar di tengah pandemi virus corona.

Emir Kuwait yang baru yakni putra mahkota berusia 83 tahun dilantik pada sesi Majelis Nasional pukul 07.00 GMT. Kuwait juga memulai masa berkabung nasional selama 40 hari.

Syekh Sabah mendapat reputasi sebagai pemimpin yang lihai dan tak tergoyahkan dalam mengarahkan negaranya melewati invasi Irak pada 1990, bergejolaknya pasar minyak global, serta pergolakan di parlemen dan jalanan.

Para pemimpin dunia juga memuji almarhum sebagai arsitek kebijakan luar negeri modern dan penengah beberapa krisis terburuk yang mencengkeram kawasan Teluk.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda