Lampaui Brasil, India Kini Negara dengan Kasus Covid-19 Terbanyak Kedua di Dunia

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 07 September 2020 - 12:28:00 WIB
Lampaui Brasil, India Kini Negara dengan Kasus Covid-19 Terbanyak Kedua di Dunia
Petugas kesehatan mengambil sampel pada salah seorang lansia di India untuk pengujian swab virus corona (Covid-19). (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.idIndia kini memiliki jumlah kasus virus corona terbanyak kedua di dunia. Negeri anak benua itu pada Senin (7/9/2020) ini resmi melampaui Brasil, setelah mencapai lebih dari 4,2 juta kejadian infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi.

India kembali mencatat lonjakan infeksi harian terbesar yakni sebanyak 90.802 kasus yang tercatat pada Minggu (6/9/2020) malam, menurut data yang dirilis Kementerian Kesehatan India, hari ini, seperti dikutip Bloomberg. Sementara, lebih dari 71.000 orang telah meninggal karena wabah Covid-19 di negara itu, menjadikan India berada di peringkat tiga besar secara global dalam hal jumlah kematian akibat virus asal China itu.

Pemerintah yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi memulai karantina atau penguncian (lockdown) terbesar di dunia di negara berpenduduk 1,3 miliar itu pada akhir Maret lalu. Akan tetapi, besarnya ongkos dan dampak sosial yang harus ditanggung, memaksa pemerintah setempat membuka kembali kegiatan ekonomi secara bertahap, bahkan ketika infeksi Covid-19 melonjak dengan sangat cepat.

Perekonomian India mencatat kontraksi terbesar di antara negara-negara ekonomi utama pada kuartal lalu, dengan produk domestik bruto menyusut 23,9 persen dalam tiga bulan hingga Juni, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Hari ini, ketika India melampaui total kasus infeksi Covid-19 yang dimiliki Brasil, sistem metro terbesar di negara itu di Ibu Kota New Delhi mulai beroperasi lagi. Sementara, acara-acara keagamaan dan kegiatan olahraga terbatas telah diizinkan untuk dimulai kembali. Bar-bar dan tempat hiburan di sana juga akan dibuka lagi.


Editor : Ahmad Islamy Jamil