Langgar Aturan, Nenek 72 Tahun Diseruduk Bison di Taman Nasional Yellowstone

Arif Budiwinarto ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 10:14 WIB
Langgar Aturan, Nenek 72 Tahun Diseruduk Bison di Taman Nasional Yellowstone

Bison liar di Taman Nasional Yellowstone (foto: AFP)

WYOMING, iNews.id - Seorang nenek mendapat pengalaman kurang menyenangkan saat berkunjung ke Taman Nasional Yellowstone di Idaho, Amerika Serikat. Akibat tidak memperhatikan aturan, nenek malang tersebut diseruduk bison liar.

Pernyataan resmi dari pengelola Taman Nasional Yellowstone mengonfirmasi insiden tersebut terjadi pada 25 Juni lalu di dekat wilayah perkemahan Bridge Bay di barat laut Wyoming.

Nenek berusia 72 tahun diketahui berulang kali berusaha mendekati bison liar untuk mengambil foto. Sebelum diserang, jarak si nenek dengan bison hanya 3 meter.

Polisi hutan yang mendapat panggilan darurat segera meluncur ke lokasi dan menemukan korban menderita luka akibat serangan bison. Si nenek nyawanya terselamatkan setelah mendapat perawatan intensif di Eastern Idaho Regional Medical Center.

"Peristiwa tersebut diakibatkan bison merasa terancam setelah korban berulang kali mendekat sampai jarak 10 kaki (3 meter)," kata Ahli Biologi Senior Taman Nasional Yellowstone, Chris Geremia, dilansir dari CNN, Rabu (1/7/2020).

"Bison adalah hewan liar yang merespons ancaman dengan menunjukkan perilaku agresif seperti mengais tanah, mendengus, menggelengkan kepala, berteriak, dan mengangkat ekor mereka."

"Jika itu semua tidak membuat ancaman (dalam hal ini seseorang) bergerak menjauh, bison yang terancam mungkin menyerang."

"Untuk aman di sekitar bison, setidaknya berada 25 yard (23 meter), segera menjauh jika mereka mendekat, dan menghindar atau mencari tempat perlindungan jika mereka menyerang," lanjut Geremia.

Pada Mei lalu, sehari setelah taman nasional dibuka kembali di tengah pandemi Covid-19, seorang perempuan juga mengalami insiden serupa.

Insiden penyerang tersebut, kata pengelola taman nasional, menjadi bukti bahwa Yellowstone merupakan alam liar. Di tiap wilayah sebenarnya sudah tertera papan peringatan agar tidak terlalu dekat dengan hewan-hewan liar.

Pengunjung diminta menjaga jarak minimal 22 meter dari binatang liar berbadan besar seperti bison, elk, rusak bertanduk besar, kijang, mooose, dan coyote. Jika pengungjung berada di area beruang dan serigala, mereka harus berada di dalam kendaraan dan berjarak setidaknya 100 yards (91,4 meter).

Editor : Arif Budiwinarto