Lawrence Bacow, Presiden Universitas Harvard Positif Virus Corona

Anton Suhartono ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 10:42 WIB
Lawrence Bacow, Presiden Universitas Harvard Positif Virus Corona

Lawrence Bacow (Foto: AFP)

BOSTON, iNews.id - Presiden Universitas Harvard Lawrence Bacow positif virus corona. Dia menyampaikan sendiri pengumuman tersebut, Selasa (24/3/2020), melalui surat elektronik kepada jajaran kampus.

Selain Bacow, sang istri, Adele Fleet, juga dinyatakan positif Covid-19. Mereka menjalani tes bersamaan.

“Hari ini, Adele dan saya mendapat kabar bahwa hasil tes Covid-19 kami positif. Kami mulai merasakan gejala pada Minggu, diawali dengan batuk lalu demam, meriang, serta nyeri otot. Kami ke dokter pada Senin,” kata Bacow, dalam surat, seperti dilaporkan kembali Business Insider, Rabu (25/3/2020).

Disebutkan pula, Bacow dan Adele sudah menjaga jarak dengan orang lain sejak 14 Maret. Tanggal tersebut merupakan 1 hari setelah kasus virus corona pertama kali terdeteksi di Harvard, disusul kasus kedua 3 hari kemudian. Sejak itu pula kampus ditutup.

Oleh karena itu, dia berharap tak banyak orang yang ikut terdampak corona setelah berinteraksi dengannya.

"Kabar baiknya, jika ada yang terkena, jauh lebih sedikit orang yang berpapasan dengan kami baru-baru ini, dibandingkan hari biasanya," ujarnya.

Dia menekankan dampak virus corona bisa diminimalisasi dengan membatasi jarak dan tidak berinteraksi untuk sementara waktu.

“Kita harus waspada dan tetap mengikuti pedoman untuk membatasi kontak dengan orang lain. Saya berharap hanya melihat sesedikit mungkin orang dalam situasi ini. Saya mendesak Anda untuk terus mengikuti arahan para ahli kesehatan masyarakat serta saran dan perintah dari pejabat pemerintah kami,” tuturnya.

Hingga Senin, setidaknya ada 777 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di Massachusetts, tempat harvard berada, sembilan di antaranya meninggal.

Dengan pernyataan dari Bacow ini maka kasus virus corona di Massachusetts kini setidaknya menjadi 779.


Editor : Anton Suhartono