Mantan Gubernur di Rusia yang Menuntut Presiden Putin Meninggal akibat Corona

Anton Suhartono ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 17:13:00 WIB
Mantan Gubernur di Rusia yang Menuntut Presiden Putin Meninggal akibat Corona
Mikhail Ignatyev (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id - Mikhail Ignatyev, mantan gubernur di Rusia yang menuntut Presiden Vladimir Putin meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona.

Ignatyev dipecat Putin sebagai Gubernur Chuvashia pada Januari lalu terkait konfik. Putin kehilangan kepercayaan kepada pria 58 tahun itu sehingga dia harus meninggalkan jabatannya setelah menjabat 10 tahun.

Pada Mei, Ignatyev mengajukan gugatan terhadap Putin ke Mahkamah Agung Rusia, menentang pemecatannya. Langkah ini sangat tidak biasa dalam sistem politik Rusia.

Lalu pada akhir Mei muncul informasi Ignatyev dirawat di sebuh rumah sakit St Petersburg akibat tertular virus corona dan mengalami pneumonia parah.

Pemerintah regional menyatakan, Ignatyev meninggal pada Kamis (18/6/2020) di rumah sakit yang sama. Pemerintah membentuk tim untuk mengatur pemakamannya.

"Ini merupakan peristiwa yang menyedihkan," kata pejabat gubernur Oleg Nikolayev, seperti dikutip dari AFP, Jumat (19/6/2020).

Pemerintahan Ignatyev diwarnai sejumlah kontroversi. Dia terekam memaksa petugas di departemen darurat loncat untuk mengambil kunci yang digantung.

Kantor Ignatyev mencoba meredam kontroversi dengan mengatakan kejadian itu hanya candaan antara teman baik.

Ignatyev juga pernah memanggil perdana menteri saat itu Dmitry Medvedev dengan nama yang salah dalam acara televisi.

Dia juga merekomendasikan pembunuhan terhadap jurnalis yang memuji kehidupan di Eropa barat. Dalam pidatonya, Ignatyev mengatakan jurnalis semacam itu harus dihancurkan.

Dia lalu meminta maaf dengan mengatakan kata-katanya itu telah disalahartikan.

Editor : Anton Suhartono