Menlu Retno Bertemu Bilateral dengan Mitra dari 4 Negara, Bahas Perdagangan hingga Perang Ukraina

Anton Suhartono ยท Kamis, 07 Juli 2022 - 14:32:00 WIB
Menlu Retno Bertemu Bilateral dengan Mitra dari 4 Negara, Bahas Perdagangan hingga Perang Ukraina
Menlu Retno Marsudi bertemu dengan mitranya dari China, Wang Yi, di sela pertemuan para menlu (FMM) G20 (Foto: Kemlu RI)

NUSA DUA, iNews.id - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah mitranya di sela pertemuan menlu (FMM) G20 di Nusa Dua, Bali, Kamis (7/7/2022). Retno bertemu dengan Menlu Afrika Selatan G N M Pandor, Menlu China Wang Yi, Menlu India S Jaishankar, dan Menlu Australia Penny Wong.

Seperti dikutip dari pernyataan Kemlu RI, dalam pertemuan tersebut Retno dan para mitranya membahas berbagai isu, dari mulai kerja sama perdagangan, situasi negara berkembang, hingga krisis di Myanmar serta perang Rusia-Ukraina.

Dalam pertemuan dengan Pandor, kedua Menlu menyambut baik peningkatan perdagangan bilateral pada 2021 yakni mencapai 2,8 miliar dolar AS atau naik 115 persen dibandingkan pada 2020. Kedua negara juga sepakat untuk lebih meningkatkan volume perdagangan di masa datang.

Selain itu, keduanya juga menyambut baik diselesaikannya pembahasan nota kesepahaman kerja sama di bidang pertahanan dan perikanan.

Selain itu keduanya sepakat untuk lebih mengintensifkan kerja sama kedua negara di bidang kesehatan.

Menlu Pandor menyampaikan apresiasi terhadap Indonesia sebagai pemegang presidensi G20 yang menunjukkan keberpihakan kepada negara berkembang. Hal ini dapat dilihat pada diundangnya Uni Afrika dan perwakilan negara-negara berkembang dalam berbagai pertemuan G20.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda