Menteri Pertahanan Taliban Murka dan Tegur Keras Para Komandan, Ini Sebabnya

Ahmad Islamy Jamil · Jumat, 24 September 2021 - 18:12:00 WIB
Menteri Pertahanan Taliban Murka dan Tegur Keras Para Komandan, Ini Sebabnya
Pasukan Taliban berjaga sehari setelah penarikan pasukan AS dari Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, akhir Agustus lalu. (Foto: Reuters)

KABUL, iNews.id – Menteri Pertahanan Taliban, Mullah Mohammad Yaqoob, murka. Dia mengeluarkan teguran keras atas kesalahan sejumlah komandan dan gerilyawan di kelompok itu. Apa pasal?

Dalam sebuah pesan audio, Yaqoob mengatakan, ada beberapa “penjahat” dan “mantan tentara terkenal” yang telah bergabung dengan unit Taliban. Orang-orang itu, menurut dia, telah melakukan berbagai pelanggaran yang terkadang disertai kekerasan.

Dia pun mengingatkan para komandan Taliban bahwa pelanggaran semacam itu tidak akan ditoleransi.

“Kami mengarahkan kalian untuk menjauhkan mereka dari barisan kalian. Jika tidak, tindakan tegas akan kami ambil terhadap kalian. Kami tidak ingin orang-orang seperti itu ada di barisan kita,” kata Yaqoob dalam pesan tersebut, dikutip Reuters, Jumat (24/9/2021). 

Pesan itu juga menggarisbawahi masalah yang kadang dihadapi Taliban selaku penguasa baru Afghanistan dalam mengendalikan pasukan tempur, saat mereka beralih posisi dari pemberontak ke pemerintahan masa damai.

Beberapa warga Kabul mengeluhkan perlakuan kasar para milisi Taliban yang muncul di jalan-jalan ibu kota Afghanistan itu. Kebanyakan dari para gerilyawan itu berasal dari daerah lain di luar Kabul, sehingga belum terbiasa dengan kota-kota besar.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: