Miliarder Ini Bunuh Sahabat 21 Tahun Silam, Kini Bakal Membusuk di Penjara

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 18 September 2021 - 10:52:00 WIB
Miliarder Ini Bunuh Sahabat 21 Tahun Silam, Kini Bakal Membusuk di Penjara
Robert Durst mengenakan kursi roda saat menghadiri persidangan kasus pembunuhan Susan Berman di salah satu pengadilan di California, AS, 8 September lalu. (Foto: Reuters)

LOS ANGELES, iNews.idMiliarder AS, Robert Durst, dinyatakan bersalah dalam kasus pembunuhan sahabatnya, Susan Berman, 21 tahun silam. Pria itu pun bakal menghabiskan sisa umurnya di penjara.

Reuters melansir, para juri di Pengadilan California pada Jumat (17/9/2021) menyatakan Durst terbukti membunuh Berman pada 2000. Hakim Pengadilan Tinggi California, Mark Windham, yang mengawasi persidangan itu, akan membacakan putusan vonis terhadap Durst pada 18 Oktober.

Persidangan itu digelar enam tahun setelah pengakuan Durst ditayangkan dalam serial dokumenter televisi HBO bertajuk “The Jinx”. Dalam tayangan tersebut, Durst tertangkap mikorofon berkata pada dirinya sendiri di kamar mandi, “Apa yang saya lakukan? Membunuh mereka semua, tentu saja.”

Para juri yang terdiri atas sembilan perempuan dan tiga laki-laki telah berunding selama tujuh setengah jam dalam tiga hari terakhir untuk menentukan putusan hukum bagi Durst. 

Sementara, Durst, pria berusia 78 tahun itu, terus berada di dalam penjara selama persidangan. Dia tidak hadir dalam pembacaan vonis di pengadilan karena berada di ruang isolasi setelah terpapar dengan seseorang pengidap Covid-19.

Hakim Windham memutuskan agar putusan dibacakan tanpa kehadiran Durst. “Ini adalah persidangan paling luar biasa yang pernah saya lihat atau bahkan dengar,” katanya, seperti dikutip Reuters.

Jaksa John Lewin—yang mengejar Durst selama bertahun-tahun—memuji para pembuat film “The Jinx”, Andrew Jarecki dan Marc Smerling, atas wawancara terbuka mereka dengan Durst. “Tanpa mereka melakukan wawancara itu, kami tidak akan berada di tempat seharusnya,” ujar Lewin.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: