Misterius, 2 Kapal Perang Iran Berlayar melalui Atlantik ke Tujuan Tak Diketahui

Anton Suhartono ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 20:06:00 WIB
Misterius, 2 Kapal Perang Iran Berlayar melalui Atlantik ke Tujuan Tak Diketahui
Dua kapal perang Iran menuju Atlantik setelah berangkat dari pelabuhan Bandar Abbas (Foto: AP)

LONDON, iNews.id - Korps Garda Revolusi Iran mengirim dua kapal perang ke Samudera Atlantik. Tak diketahui pasti kemana tujuan kapal perusak dan pendukung intelijen itu, namun sumber di Amerika Serikat (AS) mencurigai tujuan mereka Venezuela.

Stasiun televisi pemerintah Iran mengungkap, kapal perusak Sahand serta kapal pendukung intelijen Makran dalam pelayaran di Samudera Atlantik, setelah berangkat dari pelabuhan Bandar Abbas bulan lalu. Disebutkan, pelayaran dua kapal itu dalam rangka menjalankan misi yang langka.

Dalam tayangan video pendek yang tampaknya diambil dari Makran, kapal berlayar di ganasnya Samudera Atlantik. Makran sejatinya merupakan tanker komersial yang diubah menjadi kapal militer yang bisa membawa helikopter.

Wakil panglima militer Iran Habibollah Sayyari mengatakan, kedua kapal menjalankan misi perjalanan Angkatan Laut yang terpanjang dan paling menantang.

“Angkatan Laut sedang meningkatkan kapasitas pelayaran dan membuktikan daya tahan jangka panjangnya di laut yang tidak menguntungkan dan kondisi cuaca Atlantik yang tidak menentu,” kata Sayyari.

Dia menambahkan, kedua kapal tidak akan berhubungan dengan siapa pun di setiap negara yang dilewati.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2