NATO: Ukraina Dapat Kalahkan Rusia, Perang Tak Berjalan Sesuai Rencana Moskow

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 15 Mei 2022 - 23:16:00 WIB
NATO: Ukraina Dapat Kalahkan Rusia, Perang Tak Berjalan Sesuai Rencana Moskow
Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg. (Foto: Reuters)

BERLIN, iNews.idNATO merasa yakin Ukraina dapat mengalahkan agresi Rusia. Aliansi militer itu pun didesak untuk terus mengirimkan bantuan militer ke Kiev.

“Ukraina bisa memenangkan perang ini. Orang-orang Ukraina dengan berani membela tanah air mereka. Kita harus terus meningkatkan dan mempertahankan dukungan kita untuk Ukraina,” kata Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, di sebuah pertemuan di Berlin, Minggu (15/5/2022), dikutip Alarabiyah.

“Perang Rusia di Ukraina tidak berjalan seperti yang direncanakan Moskow. Mereka (Rusia) gagal merebut Kiev. Mereka mundur dari Kharkiv dan serangan besar mereka di Donbas telah terhenti,” ucap Stoltenberg.

Sekjen NATO itu menuturkan, aliansi pertahanan itu akan memberikan jaminan keamanan untuk Finlandia dan Swedia selama periode sementara dari lamaran mereka untuk keanggotaan NATO diproses hingga resmi bergabung.

“Finlandia dan Swedia merasa prihatin dengan periode sementara itu. Tapi kami akan mencoba untuk mempercepat proses itu,” kata Stoltenberg.

“Kami akan mencari cara untuk memberikan jaminan keamanan termasuk dengan meningkatkan kehadiran NATO di wilayah tersebut.” Ujarnya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda