Netizen Heboh, Muncul Kabar Presiden China Xi Jinping Digulingkan dan Ditahan Tentara

Anton Suhartono ยท Minggu, 25 September 2022 - 18:42:00 WIB
Netizen Heboh, Muncul Kabar Presiden China Xi Jinping Digulingkan dan Ditahan Tentara
Xi Jinping (Foto: Reuters)

NEW DELHI, iNews.id - Spekulasi mengenai Presiden Xi Jinping digulingkan dan menjadi tahanan rumah menghebohkan jagad maya. Beberapa posting-an media sosial mengungkap, Xi dicopot sebagai pemimpin Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Sejauh ini belum ada penjelasan dari Partai Komunis China (PKC) soal kabar tersebut. Media pemerintah juga tak memberitakannya.

Beberapa pengguna Twitter membagikan informasi telah terjadi kudeta militer. Kendaraan militer PLA juga dikerahkan ke Beijing. 

“Kendaraan militer #PLA menuju #Beijing pada 22 Sep. Mulai dari Huanlai, dekat Beijing,dan berakhir di Kota Zhangjiakou, Provinsi Hebei, seluruh prosesi sepanjang 80 km. Sementara itu, rumor mengatakan bahwa #XiJinping ditahan setelah senior #PKC memecatnya sebagai pemimpin PLA,” demikian isi cuitan di akun Jennifer Zeng, dikutip dari NDTV.

Netizen lain, Gordon G Chang, mengungkap video kendaraan militer bergerak menuju Beijing muncul setelah adanya larangan terhadap 59 persen penerbangan di China serta penangkapan terhadap para pejabat senior partai. 

"Ada banyak asap, yang berarti ada api di suatu tempat di dalam PKC. Tidak stabil," kata Chang.

Beberapa pengamat China mengklarifikasi, tak ada tanda-tanda kudeta di pemerintahan China.

Aadil Brar, seorang pengamat mengenai China, mengatakan Xi sedang menjalani karantina setelah pulang dari Uzbekistan mengikuti KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO). Itulah sebabnya dia tak muncul ke publik beberapa hari terakhir.

Spekulasi ini muncul menjelang pertemuan 5 tahunan Partai Komunis China di mana Xi akan mengamankan masa jabatan untuk periode ketiga.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda