Ngeri, Pesawat Penumpang Ditembaki Orang Tak Dikenal saat Akan Mendarat

Umaya Khusniah ยท Sabtu, 01 Oktober 2022 - 14:18:00 WIB
Ngeri, Pesawat Penumpang Ditembaki Orang Tak Dikenal saat Akan Mendarat
Pesawat ditembaki orang tak dikenal, seorang penumpang luka. (Foto: AP)

Juru bicara pemerintah Zaw Min Tun mengatakan telah memberikan keamanan di sekitar bandara dan menuduh KNPP dan PDF menciptakan kekacauan di Loikaw dengan menembakkan artileri ke kota dan daerah dekat bandara.

Sejak militer merebut kekuasaan, sering terjadi bentrokan di Kayah antara tentara dan gerilyawan anti-pemerintah lokal di dekat sebuah pangkalan milik Batalyon Infanteri Ringan ke-54 milik pemerintah di selatan bandara. 

Media yang dikelola pemerintah pada Natal tahun lalu, KNPP dan PDF menyerang sebuah pesawat penumpang Myanmar National Airlines dengan empat roket 107mm. Roket meledak sekitar 2.000 meter (1,2 mil) timur bandara. Beruntung tak ada korban luka dalam serangan.

Pasukan Pertahanan Kebangsaan Karenni, kelompok pemberontak etnis lainnya, sebelumnya menyarankan agar tidak bepergian dengan Myanmar National Airlines. Alasannya, maskapai itu milik negara, jadi pendapatannya masuk ke militer. Tentara menggunakannya untuk memasok pasukan.

Petugas informasi Angkatan Pertahanan Kebangsaan Karenni, yang berbicara dengan syarat anonim menyebut tuduhan pemerintah tentang penembakan hari Jumat tidak lebih dari propaganda fitnah terhadap pasukan revolusioner oleh Dewan Militer.

“Landasan pacu dan area lapangan terbang dikelilingi oleh batalyon infanteri dan area keamanan tinggi. Jadi dengan mengatakan bahwa PDF menyerang pesawat hanyalah tuduhan,” katanya.

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda