Orang Pertama di Dunia yang Sembuh dari HIV Meninggal akibat Kanker Darah

Anton Suhartono ยท Rabu, 30 September 2020 - 19:53:00 WIB
Orang Pertama di Dunia yang Sembuh dari HIV Meninggal akibat Kanker Darah
Timothy Ray Brown (kanan) bersama pasangannya Tim Hoeffgen (Foto: AFP)

PARIS, iNews.id - Orang pertama di dunia yang sembuh dari HIV, Timothy Ray Brown, meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker darah beberapa bulan terakhir.

Kabar mengenai meninggalnya Brown disampaikan International Aids Society (IAS) dalam pernyataannya, Rabu (30/9/2020). Organisasi yang berbasis di Paris, Prancis, itu menyampaikan belasungkawa kepada pihak terkait atas kepergian pria berjuluk 'Pasien Berlin' itu.

"Atas nama semua anggota, IAS menyampaikan belasungkawa kepada pasangan Timothy, Tim (Hoeffgen); keluarga; serta teman-temannya," kata Presiden IAS, Adeeba Kamarulzaman, dikutip dari AFP.

"Kami sangat berterima kasih kepada Timothy dan dokternya, Gero Hutter, karena telah membuka pintu bagi para ilmuwan untuk mengeksplorasi konsep bahwa HIV bisa disembuhkan."

Brown didiagnosis menderita HIV saat menempuh pendidikan di Berlin, Jerman, pada 1995. Lalu 10 tahun berselang, dia didiagnosis menderita leukimia, kanker yang memengaruhi darah dan sumsum tulang.

Brown membuat sejarah medis dan menjadi simbol harapan bagi puluhan juta orang pengidap HIV di seluruh dunia setelah dia dinyatakan sembuh lebih dari 10 tahun lalu setelah menjalani perawatan di rumah sakit Berlin.

Untuk mengobati leukemia, dokter di Free University of Berlin menggunakan transplantasi stem cell dari donor yang memiliki mutasi genetik langka yang bisa membuatnya kebal terhadap HIV secara alami, sekaligus menyembuhkan dari leukimia.

Dibutuhkan dua prosedur menyakitkan dan berbahaya, namun akhirnya berhasil. Pada 2008 Brown dinyatakan bebas dari kedua penyakit tersebut.

Namun leukimianya dinyatakan kambuh lagi dalam beberapa bulan terakhir sehingga dia harus menjalani perawatan di rumahnya di Palm Springs, California, Amerika Serikat.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda