Paspor UEA Jadi yang Terkuat di Dunia, Paspor Afghanistan Paling Tak Berguna

Ahmad Islamy Jamil · Rabu, 07 Desember 2022 - 18:23:00 WIB
Paspor UEA Jadi yang Terkuat di Dunia, Paspor Afghanistan Paling Tak Berguna
Paspor Uni Emirat Arab jadi dokumen perjalanan yang terkuat di dunia (ilustrasi). (Foto: Ist.)

ABU DHABI, iNews.id Uni Emirat Arab (UEA) kini dinobatkan sebagai negara dengan dokumen perjalanan paling kuat di dunia. Rekor baru negara Teluk itu terungkap lewat Indeks Paspor yang diterbitkan oleh Arton Capital, baru-baru ini.

Indeks tersebut menampilkan sepuluh besar negara dengan paspor terkuat di dunia. Daftar tersebut didominasi oleh negara-negara Eropa.

Menurut indeks itu, pemilik paspor UEA dapat masuk ke 180 negara tanpa masalah. Jumlah tersebut lebih banyak dari paspor negara-negara Eropa seperti Jerman dan Swedia. 

Paspor UEA juga mencakup sembilan negara lebih banyak daripada paspor Jepang. Padahal, dokumen perjalanan negeri sakura  sempat menduduki peringkat terbaik dunia awal tahun ini dalam daftar yang diterbitkan oleh Henley & Mitra. Namun, dalam indeks yang dikeluarkan Arton, Jepang hanya menempati peringkat 24 dengan akses mudah ke 171 negara.

Sepanjang pandemi Covid-19, otoritas di UEA sebagian besar menghindari pemberlakuan lockdown atau penguncian skala penuh seperti yang banyak dilakukan oleh negara-negara lainnya. Negara Arab itu lebih mengandalkan protokol kesehatan yang ketat seperti wajib masker di luar ruangan dan vaksinasi Covid. 

Penanganan pandemi yang gesit oleh Pemerintah UEA ternyata mampu menarik pengunjung dari seluruh dunia yang ingin menghindari aturan pembatasan Covid di negara asal mereka masing-masing.

“Mobilitas global meningkat pesat, meskipun konflik meletus di Eropa dan meningkatnya ketegangan di perbatasan,” ungkap Arton Capital dalam sebuah pernyataan yang dikutip Alarabiyah, Rabu (7/12/2022).

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda