Pasutri Rusia Dihukum Penjara Belasan Tahun karena Jadi Mata-Mata Asing

Anton Suhartono ยท Kamis, 24 Desember 2020 - 20:35:00 WIB
Pasutri Rusia Dihukum Penjara Belasan Tahun karena Jadi Mata-Mata Asing
Pasutri di Rusia dihukum penjara belasan tahun karena jadi mata-mata asing (Foto: AFP)

MOSKOW, iNews.id - Pasangan suami istri (pasutri) di Rusia, Kamis (24/12/2020), divonis hukuman penjara masing-masing 12,5 dan 13 tahun atas tuduhan mengkhianati negara.

Dinas intelijen FSB, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (24/12/2020), menyatakan, pengadilan Rusia menghukum pasangan asal Kaliningrad itu setelah dinyatakan bersalah menjadi mata-mata untuk Latvia. 

Sang istri, Antonina Zimina, diganjar hukuman penjara 13 tahun. Dia direkrut oleh dinas keamanan Latvia pada 2012 saat bepergian ke luar negeri. Setelah itu dia mengumpulkan informasi rahasia negara dan menyerahkannya ke Latvia.

Suaminya, Konstantin Antonets, direkrut sebagai mata-mata oleh istrinya pada 2015. Dia bekerja di kementerian ekonomi wilayah Kaliningrad. Antonets mencuri informasi dari atasannya di kementerian dan menyerahkannya ke Latvia.

Pengacara terdakwa Mikhail Bayev mengatakan, kliennya membantah tuduhan menjadi mata-mata dan akan mengajukan banding.

Kasus ini disidangkan secara tertutup dan sempat menjadi berita utama di Rusia.

Kaliningrad merupakan wilayah Rusia di Laut Baltik yang banyak terdapat fasilitas militer, berbatasan dengan Lithuania dan Polandia. Uni Soviet merebut wilayah itu dari Jerman menjelang akhir Perang Dunia II.

Editor : Anton Suhartono