PBB dan Pemimpin Dunia Berkomitmen Hadirkan Vaksin Virus Corona Segera

Anton Suhartono ยท Jumat, 24 April 2020 - 22:25 WIB
PBB dan Pemimpin Dunia Berkomitmen Hadirkan Vaksin Virus Corona Segera

Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: AFP)

JENEWA, iNews.id - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatukan langkah bersama para pemimpin dunia dan swasta dalam inisiatif mempercepat pengembangan vaksin virus corona.

Mereka juga sepakat mempercepat penanganan wabah Covid-19 serta memastikan semua pihak berhak mendapatkan akses kesehatan yang sama.

"Ini merupakan kolaborasi penting untuk mempercepat pengembangan, produksi, dan distribusi vaksin serta diagnostik dan terapi yang adil terkait Covid-19," kata Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam briefing virtual singkat dari Jenewa, Swiss, dikutip dari AFP, Jumat (24/4/2020).

"Komitmen bersama kami adalah memastikan semua orang memiliki akses ke semua perangkat untuk mengalahkan Covid-19," ujarnya, menambahkan.

Acara ini diselenggarakan bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron, Ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen, serta Melinda Gates dari the Bill and Melinda Gates Foundation.

Selain itu Sekjen PBB Antonio Guterres serta para pemimpin global seperti Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, turut menyampaikan pandangan.

Namun acara virtual itu tidak dihadiri para pemimpin dari China, pusat epidemi virus, dan Amerika Serikat, negara yang saat ini paling terpukul akibat pandemi, dengan mencatat kasus kematian menembus 50.000 orang dan hampir 900.000 terinfeksi.

Guterres mengatakan, dunia sedang menghadapi musuh yang tidak biasa sehingga membutuhkan kerja sama dan persatuan.

"Kita menghadapi musuh masyarakat global tidak biasa. Dunia bisa bebas dari Covid-19 membutuhkan upaya kesehatan masyarakat paling masif dalam sejarah,” ujarnya.

Editor : Anton Suhartono