Pembelot Korut Suspect Covid-19 Ternyata Kabur dari Korsel karena Perkosa Perempuan

Anton Suhartono ยท Senin, 27 Juli 2020 - 14:04 WIB
Pembelot Korut Suspect Covid-19 Ternyata Kabur dari Korsel karena Perkosa Perempuan

Pembelot Korut yang dinyatakan suspect virus corona ternyata terjerat kasus pemerkosaan di Korsel (Foto: AFP)

SEOUL, iNews.id - Pembelot Korea Utara (Korut) yang pulang ke negaranya dari Korea Selatan (Korsel) dan dinyatakan suspect virus corona ternyata terjerat kasus pemerkosaan.

Pria 24 tahun itu meninggalkan Korsel dan pulang ke Korut untuk menghindari kejaran polisi karena memerkosa perempuan di rumahnya di Provinsi Gyeonggi Nambu.

Juru Bicara Kepala Staf Gabungan Korsel Kim Jun Rak, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (27/7/2020), mengatakan, pria tersebut melintasi perbatasan tanpa diketahui penjaga perbatasan Korsel dengan melewati drainase, parit berduri, lalu berenang ke muara Sungai Han menuju laut untuk kembali ke Korut.

Tak diketahui pasti berapa jauh dia berenang sampai masuk wilayah Korsel, namun yang jelas beberapa kilometer.

Kepolisian Gyeonggi Nambu menyatakan, pria yang identitasnya tak disebutkan itu ditangkap pada bulan lalu atas kasus pemerkosaan namun tak ditahan.

Berdasarkan pemeriksaan di Korsel, pria tersebut tak terinfeksi virus corona.

Dia meninggalkan Korut pada 2017 lalu kembali pada 19 Juli lalu. Setibanya di Korut, dia dinyatakan suspect Covid-19, memaksa pemimpin Kim Jong Un menerapkan kondisi darurat dan menutup Kota Koesong.

Dalam pernyataan yang dirilis kantor berita KCNA pada Minggu, Kim mengatakan virus corona mungkin telah masuk negaranya.

Bukan hanya itu, pemerintah menggelar penyelidikan terhadap tentara penjaga perbatasan. Mereka akan dimintai pertanggungjawaban bagaimana bisa kebobolan sehingga ada penyusup yang masuk.

Editor : Anton Suhartono