Pemerintahan Joe Biden Akan Jual 40 Jet Tempur F-16 ke Turki, Senator Republik Dukung

Anton Suhartono · Rabu, 06 Juli 2022 - 11:28:00 WIB
Pemerintahan Joe Biden Akan Jual 40 Jet Tempur F-16 ke Turki, Senator Republik Dukung
Pemerintahan Joe Biden menegaskan dukungan untuk menjual 40 jet tempur F-16 ke Turki (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan dukungan untuk menjual dan memoderniasasi jet tempur F-16 ke Turki. Dalam pertemuan dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan di sela KTT NATO bulan lalu, Biden menegaskan dukungan itu, meski keputusan tak berada di tangannya melainkan Kongres. Namun Biden berjanji akan meyakinkan Kongres agar meloloskan penjualan itu.

Juru Bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre menegaskan pembahasan ini sebenarnya bukan hal baru. Pemerintahan AS dan Turki sudah membahasnya sejak beberapa bulan lalu.

“Kami sudah sangat jelas mengenai F-16. Pembicaraan tentang F-16 dan Turki sudah berlangsung sejak beberapa waktu. Kami sudah membahas ini beberapa bulan lalu. Jadi sebenarnya tidak ada yang baru. Presiden mendukung upaya itu,” kata Jean-Pierre, dikutip dari Anadolu, Rabu (6/7/2022).

Pernyataan Gedung Putih ini disampaikan pada Selasa (5/7/2022) sebagai respons atas pertanyaan sekelompok anggota parlemen dari Demokrat, partai penyokong Biden, yang menentang penjualan F-16 ke Turki.

Sikap berbeda justru disampaikan Republikan. Seorang anggota Senat Partai Republik, Lindsey Graham, menegaskan dukungannya atas keputusan pemerintahan Biden menjual jet tempur F-16 ke Ankara. Graham bahkan bertemu dengan juru bicara kepresidenan Turki, Ibrahim Kalin, pada 2 Juli di Ankara.

Kedua pejabat membahas hubungan bilateral kedua negara, perang melawan terorisme, kerja sama dalam industri pertahanan, perang Rusia-Ukraina, serta pengiriman biji-bijian Laut Hitam sebagai dampak perang Rusia-Ukraina, serta berbagai masalah lain.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda