Pemilu Hong Kong Dikuasai Prodemokrasi, Pemimpin Carrie Lam: Kami Hormati Hasilnya

Anton Suhartono ยท Senin, 25 November 2019 - 13:31 WIB
Pemilu Hong Kong Dikuasai Prodemokrasi, Pemimpin Carrie Lam: Kami Hormati Hasilnya

Carrie Lam (Foto: AFP)

HONG KONG, iNews.id - Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengomentari kekalahan kubu pemerintah dalam pemilu dewan distrik pada Minggu (24/11/2019). Para calon anggota dewan yang didukung kelompok prodemokrasi secara mengejutkan mendominasi perolehan suara dari total 452 kursi yang diperebutkan untuk 18 dewan distrik.

Hingga Senin (25/11/2019) pagi, total 152 kursi telah ketahuan siapa pemiliknya, dan 133 di antaranya jatuh ke kubu prodemokrasi.

Lam mengatakan akan lebih rendah hari mendengarkan keluhan masyarakat setelah kekalahan kelompok propemerintah dalam pemilu ini.

"Pemerintah tentu akan mendengarkan pendapat warga dengan rendah hati serta mempelajarinya secara serius," katanya, dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh pemerintah, seperti dilaporkan AFP.

Padahal Lam sebelumnya berulang kali menyampaikan rasa yakin bahwa hasil perolehan suara akan mendukung kubu pemerintah. Namun Lam mengakui hasil perolehan suara ini.

"Pemerintah menghormati hasil pemilu," kata Lam.

Dia juga mengakui bahwa hasil pemilu memunculkan diskusi bahwa warga tidak puas dengan situasi sosial saat ini dan masalah yang sedang dihadapi, namun tak dijelaskan secara rinci.

Hasil ini semakin memperjelas dukungan publik atas gelombang demonstrasi Hong Kong sejak Juni 2019 yang mengempaskan kota itu ke titik terendah sejak diserahkan Inggris ke China pada 1997.

Meskipun hasil masih sementara, namun para kandidat yang didukung kubu prodemokrasi tampaknya akan mengisi kursi mayoritas dari total 452 kursi.

Selama ini dewan distrik dikuasai oleh kelompok pemerintah yang merupakan perpanjangan China.


Editor : Anton Suhartono