Penghormatan bagi Pangeran Philip, Dentuman Artileri Terdengar di Penjuru Inggris

Anton Suhartono ยท Sabtu, 10 April 2021 - 19:02:00 WIB
Penghormatan bagi Pangeran Philip, Dentuman Artileri Terdengar di Penjuru Inggris
Dentuman artileri terdengar di penjuru Inggris sebagai penghormatan bagi mendiang Pangeran Philip (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Dentuman senjata artileri terdengar di penjuru Inggris, Sabtu (10/4/2021), sebagai bentuk penghormatan terhadap mendiang Pangeran Philip.

Angkatan bersenjata Inggris menembakkan senjata pada Sabtu siang dalam prosesi yang disebut sebagai Tembakan Penghormatan. Unit artileri di London, Edinburgh, Cardiff, Belfast, Gibraltar, serta beberapa kapal perang Angkatan Laut Kerajaan Inggris, menembakkan senjata mereka secara bersamaan.

Sementara itu Istana Buckingham diperkirakan akan memberikan penjelasan terperinci mengenai pemakaman Pangeran Philip pada Sabtu malam waktu setempat.

Bagian depan Istana Buckingham serta Kastil Windsor, tempat jenazah disemayamkan, masih dipasati warga yang ingin memberikan penghormatan terakhir meskipun sudah diperingatkan agar menjaga jarak. Mereka meletakkan karangan bunga sebagai penghormatan terhadap pria yang berpulang pada Jumat (9/4/2021) di usia 99 tahun itu.

Keluarga kerajaan juga memberikan penghormatan melalui akun media sosial maupun tulisan di Istana Buckingham, di antaranya dengan mengutip kembali pernyataan sang istri, Ratu Elziabeth II, saat ulang tahun pernikahan mereka ke-50 pada 1997.

"Dia sudah menjadi kekuatan bagiku dan hidup bersama selama bertahun-tahun, dan saya, seluruh keluarga, dan banyak negara lain, berutang kepadanya lebih besar daripada yang dia klaim, atau kita akan pernah tahu," kata Ratu.

Sementara itu warga tak kalah memberikan ucapan penghormatan untuk Duke of Edinburgh.

"Terima kasih telah mengabdi pada negara," bunyi salah satu tulisan di luar Istana Buckingham.

Editor : Anton Suhartono