Pentagon Sebut Korut Ancaman Luar Biasa di Wilayah Indo-Pasifik

Arif Budiwinarto · Kamis, 18 Juni 2020 - 23:48:00 WIB
Pentagon Sebut Korut Ancaman Luar Biasa di Wilayah Indo-Pasifik
Presiden Korea Utara, Kim Jong-un

WASHINGTON, iNews.id - Korea Utara diklaim masih menjadi ancaman luar biasa di kawasan Indo-Pasifik. Pernyataan tersebut dilontarkan pejabat senior Pentagon menyusul kembali memanasnya hubungan dua Korea.

"Seperti yang telah kami ingatkan dalam beberapa hari terakhir, Korea Utara terus menghadirkan ancaman luar biasa terhadap kawasan ini dan menuntut kewaspadaan kita," kata David Helvey, Plt Asisten Sekretaris Pertahanan untuk Hubungan Pertahanan Indo-Pasifik, dikutip dari AFP, Kamis (18/6/2020).

"Sulit mengatakan apa yang akan terjadi selama beberapa hari dan minggu ke depan. Tapi, saya pikir penting untuk mengatakan bahwa kita tetap waspada terhadap segala jenis ancaman dan provokasi," ujarnya.

Ketegangan dua negara di Semenanjung Korea semakin meningkat setelah pada Selasa (16/6/2020) kemarin, Korut menghancurkan Kantor Penghubung Korea tepat di seberang perbatasan wilayah Utara.

Langkah tersebut diambil setelah Pyongyang geram dengan sikap Korsel tidak bisa tegas mengatasi para pembelot yang terus menerus menyebarkan selebaran anti-Pyongyang di dekat perbatasan dua negara.

Pascapenghancuran kantor penghubung, Korea Selatan menggandeng Amerika Serikat untuk memantau pergerakan militer Korea Utara di dekat perbatasan.

Mengenai kehadiran militer AS di Korsel serta kemungkinan memulai kembali latihan militer yang sempat ditangguhkan untuk mendorong pembicaraan denuklirisasi dengan Korut, Helvey tak mau jauh berkomentar.

"Saya tidak ingin mendahului keputusan apa pun yang akan dibuat. Tetapi, ini adalah salah satu hal yang terus kami bicarakan dengan sekutu kami Korea Selatan."

"Dan sejujurnya, itu adalah sesuatu yang membantu menjaga kepentingan kami dan menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik," ucapnya.

Editor : Arif Budiwinarto