Pertama Kali, Militer Uganda Bantu Serang Milisi ADF di Kongo

Umaya Khusniah · Rabu, 01 Desember 2021 - 06:08:00 WIB
Pertama Kali, Militer Uganda Bantu Serang Milisi ADF di Kongo
Tentara Angkatan Bersenjata Republik Demokratik Kongo (FARDC) beristirahat di sebelah jalan. (Foto: Reuters)

"Disetujui setelah penilaian untuk melanjutkan operasi mendalam oleh pasukan khusus kedua negara untuk membersihkan posisi teroris yang bersangkutan," katanya di Twitter pada Selasa malam.

Serangan bersama itu merupakan kali pertama Uganda secara terbuka melakukan intervensi terhadap ADF di Kongo sejak kampanye singkat pada Desember 2017.

Seorang pejabat lokal dan seorang penduduk mengaku mendengar ledakan pada Selasa pagi di wilayah Watalinga, Provinsi Kivu Utara, perbatasan Kongo timur.

"Ada kepanikan nyata di rumah ini, terutama karena kami tidak diberitahu tentang situasi ini. Kami telah terlalu menderita dengan ADF, yang telah membantai keluarga kami. Kami menunggu untuk melihat apakah ini solusinya," kata warga Julien Ngandayabo.

Sekitar pukul 16.15 waktu setempat, Fabien Malule, seorang penduduk kota perbatasan Kongo, Nobili, mengaku melihat banyak tentara Uganda memasuki wilayah Kongo dengan senjata mereka.

"Hari ini benar-benar suatu kegembiraan bagi sebagian penduduk di sini di Nobili. Bagi saya pribadi, karena kami sudah terlalu menderita, saya lebih suka menunggu hasil pertarungan mereka," kata Malule.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda