Pertama Kali, Militer Uganda Bantu Serang Milisi ADF di Kongo

Umaya Khusniah ยท Rabu, 01 Desember 2021 - 06:08:00 WIB
Pertama Kali, Militer Uganda Bantu Serang Milisi ADF di Kongo
Tentara Angkatan Bersenjata Republik Demokratik Kongo (FARDC) beristirahat di sebelah jalan. (Foto: Reuters)

BENI, iNews.id - Uganda bantu Republik Demokratik Kongo melawan milisi ISIS di Kongo bagian timur. Militer kedua negara meluncrkan serangan udara dan artileri bersama. 

Serangan menargetkan milisi Pasukan Demokrat Sekutu (ADF), Selasa (30/11/2021). 

ADF telah berada di Kongo sejak akhir 1990-an. Kelompok ini dituduh membunuh ratusan penduduk desa dalam penggerebekan setelah berjanji setia kepada ISIS pada pertengahan 2019.

ISIS mengklaim bertanggung jawab atas beberapa kekerasan yang dilancarkan ADF. Salah satunya serangkaian pemboman baru-baru ini di Uganda. Tetapi, peneliti PBB tidak menemukan bukti komando dan kendali ISIS atas operasi ADF.

Dalam pernyataan terpisah, tentara Kongo dan Uganda mengatakan mereka telah bersekutu untuk menargetkan posisi ADF di Kongo dengan serangan udara dan artileri. Kedua pihak berjanji untuk terus bekerja sama untuk mengamankan daerah yang dituju.

"Target itu tepat sasaran dan operasi melawan teroris akan berlanjut saat kami mencari target peluang lain selama operasi darat," kata juru bicara militer Uganda, Flavia Byekwaso dalam sebuah pernyataan.

Juru bicara pemerintah Kongo, Patrick Muyaya mengatakan kedua pihak telah memutuskan untuk bekerja sama lebih lanjut.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda