Sidang Majelis Umum PBB

PM Pakistan Puji Erdogan Angkat Isu Kashmir di Sidang Umum PBB

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 25 September 2019 - 12:12 WIB
PM Pakistan Puji Erdogan Angkat Isu Kashmir di Sidang Umum PBB

PM Pakistan Imran Khan saat bertemu Presiden AS Donald Trump di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, 23 September 2019. (FOTO: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Perdana Menteri Pakistan Imran Khan berterima kasih kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan karena telah mengangkat masalah Kashmir dalam pidatonya di Majelis Umum PBB, Selasa (25/9/2019).

Khan mengatakan kepada wartawan di New York bahwa dia berharap lebih banyak pemimpin meminta India untuk menghentikan pembatasan terhadap Kashmir.

"Kami sangat berterima kasih karena presiden mengambil sikap yang sangat berprinsip," ujar dia, seperti dilaporkan Anadolu, Rabu (25/9/2019).

Khan menyebut, Pakistan memiliki hubungan yang sangat baik dengan Turki. Dia juga mengungkapkan bahwa Erdogan akan mengunjungi Islamabad bulan depan.

BACA JUGA: Soal Kashmir, Erdogan Serukan Dialog untuk Solusi Perdamaian India-Pakistan

Erdogan mengatakan kepada Majelis Umum PBB bahwa solusi bagi masalah Kashmir hanya dapat ditemukan melalui dialog.

"Agar orang-orang Kashmir bisa menatap masa depan yang aman bersama dengan tetangganya Pakistan dan India, sangat penting untuk menyelesaikan masalah melalui dialog dan atas dasar keadilan dan kesetaraan, bukan melalui bentrokan," kata Erdogan.

Akses komunikasi Jammu dan Kashmir diblokir sejak 5 Agustus, ketika pemerintah India menghapus Pasal 370 Konstitusi India, yang memberikan kawasan itu status otonomi khusus.

Sejak saat itu, ratusan orang, sebagian besar pemimpin politik, ditangkap dan ditahan oleh pihak berwenang .

Jammu dan Kashmir dikuasai oleh India dan Pakistan sebagian, namun diklaim oleh keduanya secara penuh.

Sejak berpisah pada 1947, India dan Pakistan berperang sebanyak tiga kali -pada 1948, 1965, dan 1971; dua di antaranya untuk memperebutkan Kashmir.


Editor : Nathania Riris Michico