PM Ukraina Sebut Orang Kaya Rusia Harus Ikut Membayar Biaya Pemulihan usai Perang

Aditya Pratama ยท Selasa, 05 Juli 2022 - 03:32:00 WIB
PM Ukraina Sebut Orang Kaya Rusia Harus Ikut Membayar Biaya Pemulihan usai Perang
Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmygal. (Foto: Reuters)

LUGANO, iNews.id - Perdana Menteri (PM) Ukraina, Denys Shmygal menyebut orang kaya Rusia harus membantu membayar biaya pembangunan kembali negara itu setelah digempur militer Rusia sejak Februari lalu. Menurutnya, dibutuhkan dana sebesar 750 miiliar dolar AS untuk pemulihan.

"Kami percaya bahwa sumber utama pemulihan adalah aset yang disita dari Rusia dan oligarki Rusia. Pihak berwenang Rusia melancarkan perang berdarah ini. Mereka menyebabkan kehancuran besar-besaran ini dan mereka harus bertanggung jawab atas itu," ujar Shmygal dalam konferensi di Lugano, Swiss, dikutip dari Reuters, Selasa (5/7/2022).

Pandangan Shmygal turut digaungkan oleh Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss yang mengatakan Rusia harus bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh perang yang mengerikan. Sementara, Kyiv juga membutuhkan bantuan untuk membangun kembali ekonominya yang hancur.

"Kami sedang mencari opsi untuk penyebaran aset Rusia. Pada saat yang sama kami melakukan apa yang kami bisa untuk memulai kembali ekonomi Ukraina, mengeluarkan ekspor biji-bijian itu dari Odesa, memastikan kami mendukung industri dan bisnis Ukraina untuk berjalan," ucap Truss di sela-sela konferensi.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda