Polisi Bunuh Pria yang Baru Bebas dari Penjara karena Tuduhan Penistaan Agama

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 04 Juli 2021 - 05:00:00 WIB
Polisi Bunuh Pria yang Baru Bebas dari Penjara karena Tuduhan Penistaan Agama
Ilustrasi penistaan agama. (Foto: Istimewa)

ISLAMABAD, iNews.id – Seorang polisi Pakistan ditangkap atas pembunuhan seorang pria yang baru saja dibebaskan dari tuduhan penistaan agama, tahun lalu. Korban bernama Muhammad Waqas dibacok sampai mati pada Jumat (2/7/2021) di Distrik Sadiqabad, Pakistan Tengah.

Tersangka, seorang pria berusia 21 tahun, baru saja bergabung sebagai aparat di Kepolisian Pakistan beberapa bulan lalu. Kepada penyidik, dia mengatakan mengaku membunuh Waqas karena korban “telah melakukan penistaan”.

Waqas memang pernah didakwa dalam kasus penodaan agama pada 2016. Dia dituduh membagikan konten daring yang menghina Nabi Muhammad. Akan tetapi, Pengadilan Tinggi Lahore membatalkan hukumannya pada 2020, sehingga Waqas dibebaskan dari penjara.

“Dia (Waqas) kembali ke rumahnya beberapa minggu yang lalu,” kata Juru Bicara Kepolisian Pakistan, Ahmed Nawaz, kepada Reuters, Sabtu (3/7/2021).

Di Pakistan, orang yang menghina Nabi Muhammad dapat dikenakan hukuman mati. Kendati banyak putusan pengadilan yang menjatuhkan hukuman mati kepada para terdakwa, pada kenyataannya Pakistan sampai sejauh ini belum pernah melakukan eksekusi atas tuduhan penodaan agama.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2