Polisi Israel Tembak Warga Palestina di Kompleks Masjid Al-Aqsa, 169 Orang Terluka

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 08 Mei 2021 - 06:14:00 WIB
Polisi Israel Tembak Warga Palestina di Kompleks Masjid Al-Aqsa, 169 Orang Terluka
Bentrokan antara polisi Israel dan pemuda Palestina di Kompleks Masjid al-Aqsa, Yerusalem, Jumat (7/5/2021). (Foto: Reuters)

YERUSALEM, iNews.id – Polisi Israel menembakkan peluru karet dan granat kejut ke arah pemuda Palestina di Kompleks Masjid al-Aqsa, Yerusalem, Jumat (7/5/2021). Akibatnya, 169 warga Palestina terluka, menurut petugas medis setempat.

Insiden itu berlangsung di tengah kemarahan yang meningkat atas potensi penggusuran warga Palestina dari kampung halaman mereka yang diklaim oleh para pemukim Yahudi. Ribuan warga Palestina berhadapan dengan ratusan polisi Israel dengan perlengkapan anti huru-hara.

Ketegangan Israel-Palestina meningkat di Yerusalem dan Tepi Barat selama Bulan Suci Ramadhan. Bentrokan terjadi setiap malam di kawasan Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur. Di wilayah itu, banyak keluarga Palestina menghadapi penggusuran paksa oleh  zionis.

Seruan kepada kedua belah pihak agar tetap tenang dan menahan diri berdatangan dari Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sementara, Yordania mengutuk kemungkinan penggusuran oleh pemukim Yahudi terhadap rakyat Palestina.

Puluhan ribu warga Palestina memadati kompleks puncak bukit yang mengelilingi Masjid al-Aqsa, Jumat pagi, untuk menunaikan Sholat Subuh. Banyak dari mereka yang tetap bertahan di lokasi untuk memprotes penggusuran di kota yang menjadi inti konflik Israel-Palestina.

Setelah buka puasa pada magrib kemarin, bentrokan meletus di Al-Aqsa. Bentrokan kecil juga terjadi di dekat Sheikh Jarrah—yang terletak di dekat Gerbang Damaskus yang terkenal di Kota Tua Yerusalem.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2