Prancis Marah Besar soal Kapal Selam Nuklir, PM Australia: Ini Demi Kepentingan Nasional

Umaya Khusniah ยท Minggu, 19 September 2021 - 14:53:00 WIB
Prancis Marah Besar soal Kapal Selam Nuklir, PM Australia: Ini Demi Kepentingan Nasional
Perdana Menteri Australia, Scott Morrison. (Foto: Reuters)

CANBERRA, iNews.id - Perdana Menteri Australia, Scott Morrison mengaku memahami kekecewaan Prancis atas pembatalan kesepakatan kapal selam Canberra demi perjanjian dengan Amerika Serikat dan Inggris. Meski demikian, dia menjelaskan jika Australia juga perlu melindungi kepentingan nasionalnya.

"Ini merupakan kekecewaan besar bagi pemerintah Prancis, saya memahami itu. Tetapi pada saat yang sama, Australia harus selalu mengambil keputusan yang sesuai dengan kepentingan pertahanan nasional," kata Morrison. 

Sebelumnya, kerja sama pembuatan kapal selam bertenaga nuklir antara Amerika Serikat, Inggris, dan Australia membuat berang Prancis. Menteri Luar Negeri Prancis Jean Yves Le Drian bahkan menyebut Australia menikam dari belakang.

Ketiga negara pada Rabu lalu menyepakati kemitraan keamanan Indo-Pasifik di mana AS dan Inggris akan membagi teknologi kepada Australia untuk membuat kapal selam bertenaga nuklir.

Kemarahan ini merupakan puncak setelah Australia menolak kesepakatan pengadaan kapal selam nuklir dengan Prancis sebelumnya.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: