Presiden China Xi Jinping Beri Selamat ke Joe Biden, meski Pernah Dicap 'Preman'

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 26 November 2020 - 10:13:00 WIB
Presiden China Xi Jinping Beri Selamat ke Joe Biden, meski Pernah Dicap 'Preman'
Presiden China, Xi Jinping. (Foto: AFP)

BEIJING, iNews.id – Presiden China, Xi Jinping, pada Rabu (25/11/2020) memberikan selamat kepada Joe Biden atas kemenangan di Pilpres AS 2020. Kantor berita resmi China, Xinhua menyatakan, ucapan selamat dari Xi itu sekaligus menyuarakan harapan kedua negara dapat mempromosikan perkembangan hubungan bilateral yang sehat dan stabil di masa mendatang.

Selama empat tahun kepemimpinan Presiden Donald Trump, hubungan AS-China telah bergerak ke yang titik terburuk dalam beberapa dekade terakhir. Perselisihan kedua negara makin membara, terutama dipicu oleh berbagai persoalan seperti perang dagang, persaingan teknologi, masalah Hong Kong, hingga virus corona (Covid-19).

Dalam pesan ucapan selamatnya kepada Biden, Xi mengatakan, hubungan yang sehat antara dua ekonomi terbesar dunia itu tidak hanya untuk kepentingan fundamental kedua bangsa. Tetapi juga diharapkan oleh komunitas internasional.

Saat diminta komentar, seorang pejabat tim transisi Biden mengatakan, pihaknya menghargai ucapan selamat dari semua pemimpin dunia yang telah menyampaikannya, termasuk Presiden Xi.

Pada 2016, Xi mengirimkan ucapan selamat kepada Trump pada 9 November, sehari setelah pilpres tahun itu digelar.

Selama kampanye pemilihan, Biden bersumpah untuk membatasi pengaruh China yang meluas di seluruh dunia dan menyebut Xi lebih dari sekali sebagai “preman” karena berbagai praktik pelanggaran HAM oleh Pemerintah Tiongkok.

Editor : Ahmad Islamy Jamil